Siswa SD Al Kautsar Temanggung Juarai Mathematical Olympiad di Macau

Siswa SD Al Kautsar Temanggung Juarai Mathematical Olympiad di Macau

FOTO BERSAMA. Anantacetta Reugra Abiraya siswa SD Al Kautsar peraih juara matematika internasional bersama Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Siswa Sekolah Dasar (SD) asli Temanggung kembali membawa harum nama Kabupaten penghasil tembakau di kancah internasional, kali ini siswa asal SD Al Kautsar Temanggung berhasil menyabet juara tiga dalam ajang Greater Bay Area Mathematical Olympiad Final Round 2024 di Macau China.

Siswa itu adalah Anantacetta Reugra Abiraya Siswa kelas III SD Al Kautsar Temanggung
Anak kelahiran 2 Maret 2015 yang bercita-cita masuk Akademi Kepolisian (Akpol) ini mendapatkan 3nd prize award (bronze medal), dalam Final Round Mathematical olympiad 2023-2024 in Macau pada 14-19 Maret 2024.

Ia berhasil meraih posisi tersebut setelah berkompetisi dengan pelajar dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filiphina, dan China.

BACA JUGA:UMKM Binaan Sentra Kartini Terpadu Temanggung Gelar Bazar

"Iya saya memang senang matematika, sebelum di Macau sudah banyak ikut kompetisi dan juara di Semarang, Jogja, Jakarta.

Pas di Macau kemarin ikut lomba seru banyak teman dari negara lain. Saya persiapan ikut les dan latihan soal, setiap hari itu latihan soal belajar tiga jam,"ujarnya usai bertemu Pj Bupati Hary Agung Prabowo, di ruang kerja Pendopo Jenar, Senin (1/4/2024).

Hebatnya putra dari Notaris Ajeng Primiana ini, meski baru saja pulang dari China dia tak lantas istirahat.

Pasalnya, ia akan kembali berkompetisi di tingkat internasional, yakni IMEC and JEO International Global Round di Sydney Australia pada 14 April 2024 mendatang.

Ajeng Primiana ibu dari Raya mengatakan, memang sejak kecil anaknya sudah suka pelajaran berhitung, biologi dan bahasa Inggris.

BACA JUGA:Tiga Kakek Terpaksa Berlebaran di Penjara, Terciduk dalam Operasi Pekat Polres Temanggung

Melihat minat anaknya kemudian dimasukkan dalam kursus sempoa, bahasa Inggris. Setelah masuk SD bakatnya semakin terasah dan terus dikembangkan dengan dorongan orang tua, dan gurunya.

"Memang kalau ada kompetisi Raya ikut, tapi tidak semata-mata karena ingin anak kita menang, tapi biar si anak ini punya mental bertanding. Hal itu diasahnya dari pertandingan-pertandingan. Lebih dari 20 pertandingan dia selalu juara dan berani mencoba ikut yang internasional. Kalau yang ke Macau itu persiapan 3 bulan setiap hari dril soal,"katanya.

Pj Bupati Hary Agung Prabowo mengapresiasi prestasi Raya, atas prestasi di Macau dan memberikan doa restu untuk lomba yang akan ditempuh di Sydney Australia.

Talenta anak Temanggung, harus disuport agar ke depan anak-anak Temanggung menjadi generasi unggul sehingga ke depan bisa memajukan Temanggung, bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres