Qurban Tidak Menjadikan Kita Miskin, Bahkan Allah Bakal Menggantikan dengan yang Lebih Banyak

Qurban Tidak Menjadikan Kita Miskin,  Bahkan Allah Bakal Menggantikan dengan yang Lebih Banyak

Qurban Tidak Menjadikan Kita Miskin, Bahkan Allah Bakal Menggantikan dengan yang Lebih Banyak--

MAGELANG EKSPRES- Sebaik-baik berdagang adalah berdagang dengan Allah. Barang siapa yang berdagang dengan Allah karena taqwa dan ikhlas maka Allah bakal mengganti yang lebih baik di dunia maupun akhirat.

Qurban adalah salah satu ibadah untuk mendapatkan ridha dari Allah Ta'ala. Orang yang Qurban tak akan  menjadikannya miskin atau bagkrut.

Bahkan seseorang yang qurban dilandasi ketaqwaan dan keikhlasan pada Allah maka bakal diganti dengan yang lebih baik.

Itu janji Allah yang disebutkan dalam Al Qur'an. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam juga menjelaskan dalam sejumlah hadist.

BACA JUGA:Ketentuan Hewan Qurban dan Tuntunan Penyembelihan Qurban Menurut Sunnah

Mulailah dengan kemampuan kita. Misal sehari kita sedekah Rp5.000 maka sebulan bisa Rp150 ribu dan setahun bisa Rp 1,8 juta. Atau kalau mampu dengan sedekah yang lebih banyak tentu akan lebih baik. Dan Allah pasti akan mengganti dengan yang lebih banyak.

Tak ada yang rugi berdagang dengan Allah. Justru kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

InsyaAllah dengan merutinkan sedekah tersebut, Allah bakal menggantikan yang lebih baik. Bisa jadi Allah akan memudahkan kita sehingga berqurban setahun kemudian.

Selanjutnya bisa berangkat umrah kemudian dimudahkan untuk mendaftar haji dari rezeki  tak terduga yang diberikan Allah Ta'ala. Semoga Allah mudahkan.

Ingat terus dalil-dalil berikut ini :

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Selama engkau menginfakkan sebagian hartamu pada jalan yang Allah perintahkan dan jalan yang dibolehkan, maka Allah-lah yang akan memberi ganti pada kalian di dunia, juga akan memberi ganti berupa pahala dan balasan di akhirat kelak.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2:287-288)

Dalam ayat lain disebutkan pula,

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah: 245)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: