Purworejo UHC Prioritas, BPJS Kesehatan Lanjutkan Sinergitas dengan Kejari

Purworejo UHC Prioritas, BPJS Kesehatan Lanjutkan Sinergitas dengan Kejari

LANJUTKAN KERJA SAMA. BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dan Kejaksaan Negeri Purworejo melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

"Mengingat begitu penting dan bermanfaatnya program JKN ini, kami harap dukungan dari stakeholder termasuk kejaksaan untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan program JKN ini khususnya tingkat keaktifan peserta JKN di wilayah Kabupaten Purworejo," jelas Dany.

Dany juga menyebut berbagai upaya telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk dapat meningkatkan keaktifan peserta JKN, di antaranya dengan mengoptimalkan peran Kader JKN.

BACA JUGA:Peserta JKN Asal Magelang Merasakan Kualitas Layanan Pengobatan BPJS Kesehatan Baik dan Bermutu

Kader JKN ini merupakan mitra dari BPJS Kesehatan yang mengingatkan peserta JKN dalam pembayaran iuran.

Melalui Kader JKN, Peserta JKN dapat memperoleh informasi-informasi terbaru seputar JKN.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga gencar mengingatkan pembayaran iuran Peserta JKN melalu petugas Telecollecting serta berbagai upaya lain termasuk bersinergi dengan instansi lainnya.

Sebagai contoh, saat ini sedang dilaksanakan Bimtek dan Pelatihan Optimalisasi Rekrutmen PBI kepada ratusan desa di Purworejo.

Upaya lain adalah implementasi desa pilot project PeSiAR (Petakan, Sisir, Advokasi, Registrasi) di tiga desa di Kecamatan Bener Purworejo yaitu di desa Limbangan, Desa Guntur dan Desa Kedungpucang  sebagai upaya rekrutmen dan meningkatkan keaktifan peserta.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Tanggung Biaya Rehabilitasi Medik Pengobatan Pasca Stroke

“Dari sisi layanan, berbagai masukan, kritik dan saran dalam pelaksanaan Program JKN menjadi penyemangat bagi kami dan mitra kerja kami, fasilitas Kesehatan untuk terus meningkatkan mutu layanan kepada Peserta JKN,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Purworejo, Eddy Sumarman, menyebut program JKN merupakan salah satu program yang selayaknya menjadi prioritas pemerintah karena dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat dan penganggarannya masuk dalam APBN maupun APBD.

Karena itu, pihaknya siap untuk mendukung implementasi Program JKN melalui program-program bersama yang dapat meningkatkan kepatuhan khususnya dalam hal pendaftaran peserta dan pembayaran iuran.

“Dari tingkat cakupan peserta sebesar 98% cukup tinggi dibandingkan rata-rata nasional sebesar 97%. Namun tingkat keaktifan sebesar 73,82% dimana masih di bawah batas minimal yang ditetapkan, kami siap bersinergi dan berkolaborasi kaitannya dengan peningkatan keaktifan peserta di Kabupaten Purworejo” ujar Eddy.

BACA JUGA:Rutin Cuci Darah, Tukidi Terbantu Adanya Program JKN BPJS Kesehatan

Pihaknya berharap adanya kerja sama yang dijalin antara BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dengan Kejari Purworejo, dapat meningkatkan dampak yang signifikan bagi Program JKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres