100 Persen Siswanya Lulus, SMP Mutual Kota Magelang Gelar Khutbah Wada'

100 Persen Siswanya Lulus, SMP Mutual Kota Magelang Gelar Khutbah Wada'

WISUDA. Kepala Sekolah SMP Mutual, Wasiun saat melepas salah satu siswanya, dalam acara Khutbah Wada', di Grand Artos Hotel, Selasa, 11 Juni 2024.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MAGELANG SELATAN, MAGELANGEKSPRES – SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (SMP Mutual) Kota Magelang lulus menggelar Khutbah Wada' di hall Artos Mall Magelang, Selasa (11/6). Khutbah Wada' diikuti sebanyak 160 siswa.

Kepala SMP Mutual Kota Magelang Wasi'un, SPdI MPdI mengatakan, banyak prestasi sekolah maupun prestasi siswa yang diraih merupakan hasil kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua siswa.

Selama perjalanan proses pendidikan, menurutnya, tentu ada kekurangan dari para guru. Untuk itu mungkin ada kesan positif dan ada kesan negatif, maka para guru memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada orang tua siswa.

BACA JUGA:Siapkan Program ICP, SMP Mutual Kota Magelang MoU dengan Al-Amin Education Center Berhad Malaysia

Berdasarkan rapat Dewan Guru tanggal 8 Juni 2024 yang tertuang dalam berita acara rapat dinas dan juga syarat keputusan kepala sekolah bahwa seluruh siswa kelas 9 angkatan ke-6, 100 persen dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata rapor tertinggi 92,53 dan terendah 79,81 dengan rata-rata kelas 86,71. Sedangkan perolehan tahfidz tertinggi dengan hafalan 9,52.

Wasi'un menandaskan, peradaban pada masa lalu telah membentuk fondasi bagi perkembangan manusia hingga saat ini, dan pihaknya berharap bahwa nilai-nilai luhur yang telah diwariskan akan terus membentuk pribadi-pribadi yang mulia di masa depan.

"Perjalanan kalian selama tiga tahun di sekolah ini adalah bagian penting dari pembentukan karakter dan intelektual siswa. Bagi sekolah, tiga tahun ini juga merupakan waktu yang penuh tantangan dan kebahagiaan. Masa pendidikan menengah pertama ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan panjang yang menanti kalian," pesan Wasi'un.

Ketua PDM Kota Magelang Rifki Muhammad menyampaikan apresiasi atas keberhasilan SMP Mutual meluluskan siswa-siswi nya dengan banyak prestasi.

BACA JUGA:27 Sekolah dari Banyumas Studi Tiru di SMP Mutual Kota Magelang

Khutbah wada' SMP Mutual angkatan ke VI merupakan upaya melakukan revitalisasi SMP ini menjadi SMP yang unggul dan berkemajuan di Kota Magelang.

"Insya Allah tahun depan sudah mulai melaksanakan kelas internasional,  karena kita ingin juga siswa-siswi kita punya wawasan yang lebih luas,  lebih progresif dalam konteks pengembangan, sehingga  memacu untuk meningkatkan SMP Mutual," tandas Rifki.

Acara Khutbah Wada' berlangsung meriah, diawali prosesi calon wisudawan menuju panggung untuk diwisuda dan menerima laporan hasil pembelajaran. Mereka disaksikan orang tuanya yang sudah menyiapkan bouquet untuk buah hati tercintanya.

Penghargaan juga diberikan kepada siswa dengan berbagai kategori, diantaranya nilai terbaik rata-rata nilai rapor 9 mapel, nilai asesmen sumatif akhir jenjang, nilai asesmen ciri khusus dan mulok, nilai tahfidz. Juga diberikan penghargaan kepada siswa tersopan, terdisiplin dan prestasi non akademik.

Para orang tua siswa juga memberikan apresiasi terbaik atas tampilnya musik pengiring acara dari siswa kelas 8 berupa musik gamelan dan penampilan panggung di pra acara yaitu peragaan pencak silat tapak suci dan musikalisasi puisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres