Meriahkan Idul Adha 1445 H, BAZNAS RI Potong 75 Hewan Kurban di Magelang

Meriahkan Idul Adha 1445 H, BAZNAS RI Potong 75 Hewan Kurban di Magelang

KURBAN. Masyarakat sekitar Balai Ternak Dusun Baron, Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang melakukan pemotongan hewan kurban. -Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MUNTILAN, MAGELANGEKSPRES - Puncak perayaan Hari Raya Idul 1445 H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melaksanakan Kurban Berkah BAZNAS di Balai Ternak Dusun Baron, Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Senin (17/6).

Hingga saat ini, pengumpulan Kurban Berkah BAZNAS RI mencapai 5.108 hewan kurban setara domba/kambing dan masih akan terus bertambah. 

Keseluruhan hewan ini akan dipotong di berbagai wilayah di Indonesia. BAZNAS juga masih menerima kurban hingga hari Tasyrik, pada 11 dan 12 Dhulhijah.

Sementara khusus di Balai Ternak BAZNAS Dusun Baron, sebanyak 75 ekor kambing/domba disembelih, yang berasal dari sedekah konsumen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dan Mudhohi individu. 

BACA JUGA:Desa di Temanggung ini Memiliki Balai Ternak Baznas, Nilai Bantuan Rp600 Juta

Jumlah hewan kurban ini belum termasuk hewan kurban lain yang disembelih BAZNAS di berbagai lokasi penyembelihan lain.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para Mudohi yang telah mempercayakan hewan kurbannya, dititipkan, difasilitasi oleh BAZNAS Republik Indonesia, yang nanti akan disalurkan kepada yang berhak, kami sangat yakin dari apa yang bapak ibu sampaikan, akan mendapatkan pahala yang tak terhingga dari Allah SWT,” ujar Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad

Kiai Noor menyebutkan, program Kurban Berkah BAZNAS tahun ini cukup sukses, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang, mulai dari pekurban, penerima kurban, hingga para peternak kurban.

"Kurban kali ini Alhamdulillah kita cukup berhasil, kami mengucapkan terima kasih kepada para panitia Kurban Berkah BAZNAS yang telah luar biasa bekerja, kepada para pimpinan, para mudohi juga para mustahik yang telah mempercayakan kepada BAZNAS," tambahnya.

BACA JUGA:Kemiskinan Ekstrem di Purworejo Masih Jadi Persoalan Serius, Baznas Gelontorkan Paket Bantuan Rp90 Juta

Mewakili BAZNAS RI, Kiai Noor juga mengucapkan terima kasih kepada balai-balai ternak yang sudah menjadi mitra. "Kami berharap kedepan menjadi mitra yang terus bisa kerja sama dengan BAZNAS dalam rangka untuk menyiapkan hewan kurban yang baik, untuk memfasilitasi para Mudohi, menitipkan kurbannya ke BAZNAS,"terangmya.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Kol (Purn) Drs. Nur Chamdani menjelaskan, tahun ini BAZNAS pusat menargetkan penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 mencapai 7.000 ekor setara domba/kambing. 

Daging kurban ini akan disalurkan dalam bentuk bermacam-macam, yakni berupa daging sapi/domba segar, juga ada daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch, dan akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia dan juga luar negeri.

BACA JUGA:Soal Pengentasan RTLH Baznas Kota Magelang Dianggap Inkonsisten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: