Untidar Magelang Terima 2.301 Mahasiswa Baru Jalur SNBT, Siapkan 4 Jalur Mandiri

Untidar Magelang Terima 2.301 Mahasiswa Baru Jalur SNBT, Siapkan 4 Jalur Mandiri

PENERIMAAN.Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof Dr Suyitno, ST MSc saat menjelaskan penerimaan mahasiswa baru, di Gedung Rektorat, Jumat (14/6).-Heni Agusningiyas-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Seleksi Nasional Berbasis Tulis (SNBT) yang diumumkan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kamis, (14/6) lalu. Dari pengumuman tersebut Universitas Tidar menerima 2.301 mahasiswa.

 

Setelah mendapatkan hasil lolos seleksi, calon mahasiswa baru Untidar wajib melakukan registrasi dimana informasinya telah diunggah pada laman um.untidar.ac.id dan untidar.ac.id. Jika tidak melakukan registrasi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan maka akan dianggap mengundurkan diri.

Namun, jika belum berhasil lolos SNBT, Untidar masih membuka 4 jalur mandiri yaitu Seleksi Mandiri jalur Prestasi (SMJP), Seleksi Mandiri Jalur Kerjasama (SMJK), Seleksi Mandiri Nilai UTBK dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT). Khusus untuk pelaksanaan SMUT akan dilaksanakan 2 kali yaitu seleksi yang akan dilaksanakan pada 27-30 Juni 2024 dan SMUT One Day Service pada 19-20 Juli 2024.

 

BACA JUGA:Belum Lama Ini, Mahasiswa Ilkom Untidar Adakan FGD Lawan Quarter Life Crisis

Muhammad Rifqi Ma'arif ST M Eng, Koordinator Pelaksana UTBK-SNBT Untidar menambahkan trend prodi yang diminati pada tahun yg sama bisa berbeda tiap jalur seleksinya.

“Prodi paling diminati di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yaitu S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) adalah S1 Ilmu Komunikasi, di Fakultas Teknik adalah S1 Teknik Sipil, Di Fakultas Pertanian adalah S1 Gizi dan tentunya di Fakultas Ekonomi adalah D3 Akuntansi,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof Dr Suyitno, ST MSc menyatakan program studi D3 Akuntansi menjadi prodi paling diminati dengan 1.819 peminat dari keseluruhan peminat ke Untidar yaitu 12.647 peminat.

“Dari hasil SNBT kali ini, terlihat prodi ilmu sosial lebih diminati. Prodi D3 Akuntansi menjadi prodi dengan peminat paling banyak 1.819 peminat disusul D4 Akuntansi Perpajakan 1.134 peminat dan S1 Manajemen 909 peminat,” paparnya saat ditemui rekan media, Jumat (14/6) di ruangan kerja WR1 Untidar lalu.

 

BACA JUGA:Membuat Inovasi Pengajaran, Mahasiswa Bahasa Inggris Untidar Magelang Gelar Pameran Game-Based Learning


Peminat prodi vokasi juga meningkat dikarenakan aturan baru yang memberikan kesempatan peserta SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 prodi dimana 2 diantaranya adalah prodi vokasi.

“Berdasarkan data, selain D4 Akuntansi Perpajakan beberapa prodi baru di Untidar yang memiliki cukup banyak yaitu S1 Gizi 476 peminat, S1 Pariwisata 396 peminat, S1 Teknologi Pangan 361, dan Teknologi Informasi 334 peminat,” tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: