Kades di Magelang Ingin Sudaryono Dorong Pengembangan Potensi Wisata

Kades di Magelang Ingin Sudaryono Dorong Pengembangan Potensi Wisata

Ketua DPD Gerindra Sudaryono menari tarian khas Topeng Ireng dalam kunjungannya ke Desa Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu, 22 Juni 2024-DOK-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Sejumlah Kepala Desa se-Kabupaten Magelang menitipkan harapan agar desa-desa bisa diberdayakan perekonomiannya, terutama lewat sektor potensi wisata.

Hal itu diutarakan sejumlah kepala desa di hadapan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu, 22 Mei 2024.

"Kalau nanti bisa menjadi Gubernur Jateng harapan kami bisa memberdayakan masyarakat di pedesaan mengelola desa dan bisa sejahtera. Karena desa-desa kami punya potensi wisata yang bagus bagi wisatawan," kata Perwakilan Kepala Desa se-Kabupaten Magelang, Marpomo.

BACA JUGA:Pesta Budaya Meriahkan Hari Jadi Desa Giritengah Borobudur

Ia menjelaskan, di Desa Wonolelo misalnya, saat ini sedang giat mengembangkan agrowisata melalui destinasi wisata Negeri Kahyangan.

Menurutnya, masyarakat Wonolelo masih perlu mendapat edukasi bagaimana cara membangun Negeri Kahyangan menjadi destinasi menarik di mata wisatawan.

"Wisata ini dikelola desa melalui BUMDes. Kedatangan Pak Sudaryono diharapkan bisa meningkatkan sektor wisata di desa-desa kami yang lain di Magelang," terang Marpomo.

BACA JUGA:Petani di Magelang Beri Dukungan Sudaryono di Pilgub Jawa Tengah

Harapan para kepala desa itu disampaikan Marpomo kepada Sudaryono saat berkunjung ke Desa Wonolelo. Staf Khusus Menteri Pertahanan itu hadir atas undangan anggota DPRD Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sukardiyono.

"Magelang ini terkenal dengan tempat yang sejuk, tempat yang tinggi. Masyarakat desa di sini bekerja sebagai petani tapi mampu memanfaatkan keindahan alam, memanfaatkan ketinggian, memanfaatkan cuaca, dan kekayaan agro menjadi tempat wisata potensial," kata Sudaryono di hadapan masyarakat yang hadir.

Menurut Sudaryono yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah itu, cara masyarakat di Magelang mengembangkan potensi wisata desa patut ditiru.

BACA JUGA:Survei SPIN : Elektabilitas Sudaryono Tertinggi di Pilgub Jateng

Karenanya, dia mendorong wisata di Jateng ke depan menjadi salah satu sumber unggulan pendapatan desa.

"Karena wisata di Jateng ini sangat potensial kalau dikelola dengan benar. Hampir semua destinasi wisata ada di Jateng. Wisata air, alam, kuliner, dan religius, ada semua di Jateng. Tempat-tempat bersejarah Jateng juga banyak yang menarik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres