Ribuan Pencaker Datangi Job Fair 2024 di Pendopo Lapangan drh Soepardi Mungkid Magelang

Ribuan Pencaker Datangi Job Fair 2024 di Pendopo Lapangan drh Soepardi Mungkid Magelang

ANTREAN. Para pencari kerja datang ke job fair yang diadakan Disperinaker Kabupaten Magelang di Pendopo drh Soepardi Sawitan.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MUNGKID, MAGELANGEKSPRES - Ribuan pencari kerja (pencaker) mendatangi Job Fair (bursa kerja) 2024 yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperinaker) Kabupaten Magelang di Pendopo Lapangan drh Soepardi Sawitan, Kota Mungkid, Selasa, 25 Juni 2024.

Antusiasme pencaker tercermin dari antrean di pintu masuk pendopo. Secara bergiliran mereka masuk melalui pintu tersebut.

Kepala Disperinaker Kabupaten Magelang, Sukamtono, mencatat angka pengangguran terbuka tahun 2024 ini belum diketahui.

BACA JUGA:Hari Kedua Coklit, Petugas Pantarlih Masih Datangi Pejabat dan Tomas

"Tahun lalu, ada sebesar 3,42 persen atau turun dari tahun 2022 sebesar 4,97 persen," katanya.

Menurut Sukamtono, selama 3 tahun terakhir berturut-turut angka pengangguran di Kabupaten Magelang menurun. Dia pun optimis, tahun ini juga akan semakin berkurang.

Mengenai peserta Job Fair 2024, lanjut Sukamtono, ada 60 perusahaan, baik online maupun offline. Lowongan kerja yang dibuka sekitar 3.500 formasi.

Selain perusahaan lokal juga ada yang dari luar daerah seperti Yogyakarta. Dari luar negeri juga ada, seperti Taiwan dan Malaysia.

Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto, mengatakan, job fair merupakan ajang mempertemukan perusahaan dengan pencari kerja. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang hanya menjadi fasilitator.

BACA JUGA:Banyak Sampah di Aliran Sungai Kelurahan Magelang, Air Jadi Hitam Kehijauan

"Harapannya, semoga kegiatan ini bisa mengurangi angka pengangguran," kata Sepyo, usai membuka bursa kerja itu, menjelang tengah hari.

Terkait itu, Septo menekankan agar Disperinaker mengelola data jumlah pengangguran, serta mencatat jumlah pencaker yang tertarik mengunjungi job fair.

"Kemudian mendata seberapa banyak (pencari kerja yang terserap melalui kegiatan ini," katanya.

Ke depan, Sepyo berharap, job fair bisa dikembangkan dalam cakupan yang lebih luas. Arahnya, guna memberikan solusi penurunan angka pengangguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres