Dukungan PLN untuk Pertumbuhan Ekonomi Sektor Agrikultur Magelang Lewat Program Electrifying Agriculture

Dukungan PLN untuk Pertumbuhan Ekonomi Sektor Agrikultur Magelang Lewat Program Electrifying Agriculture

SIMBOLIS. Penyalaan ini dilakukan menekan sirine bersama untuk mengoperasikan blower di dalam Green House Kebun Anggrek.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

CANDIMULYO, MAGELANG EKSPRES - Melalui program Electrifying Agriculture PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DI Yogyakarta melakukan penyalaan serentak kepada 519 pelanggan dengan daya total 1.600.100 VA se-Jateng dan DIY.

Penyalaan dilakukan di lokasi salah satu pelanggan Kebun Anggrek Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Selasa (2/7).

“Program ini merupakan salah satu upaya PLN dalam mendorong ekonomi masyarakat lebih baik sehingga tingkat kesejahteraan pada sektor agrikultur meningkat. Dari sisi pengusaha maupun petani pun bisa menekan biaya operasionalnya,” kata M Soffin Hadi, General Manager PLN UID Jateng & DIY.

BACA JUGA:Program Light Up The Dream PLN: Penyalaan Serentak bagi Masyarakat Kurang Mampu

Pada kesempatan ini juga PJ Bupati yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan PLN memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar untuk mewujudkan visi dan misinya dalam meningkatkan kualitas hidup dan mendorong aktivitas ekonomi masyarakat yang berwawasan lingkungan.

“PLN perlu menjalin dan membangun sinergi dengan stakeholder, mengingat potensi Electrifying Agriculture di wilayah Kabupaten Magelang ini cukup tinggi,” katanya.

Program Electrifying Agriculture merupakan program kemudahan dalam penyambungan listrik PLN untuk sektor agriculture yang meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Potensi Electrifying Agriculture untuk wilayah Kabupaten Magelang cukup tinggi, mencapai total penyambungan sebesar 449.200 VA selama tahun 2024.

BACA JUGA:PLN Peduli, Berikan Bantuan Sarana Pengelolaan Sampah ke Warga Tanjungsari Borobudur

"Oleh karena itu, kami berharap, momentum penyalaan serentak ini akan menambah semangat PT PLN (Persero) untuk terus melayani kepada pelanggan, khususnya di sektor agriculture. Selain itu, PT PLN (Persero) UP3 Magelang diharapkan untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang serta stakeholder terkait untuk mendorong kemajuan pembangunan serta pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Magelang," imbuhnya.

Hasan Sulaiman, pemilik Kebun Anggrek mengucapkan banyak terima kasih atas support PLN, karena listrik merupakan nyawa bagi petani anggrek untuk menghasilkan anggrek yang berkualitas.

“Bukan hanya meningkatkan produksi, para pengusaha atau petani anggrek juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar agar perekonomian masyarakat meningkat,” kata Hasan.

Dengan semakin banyak petani anggrek yang memanfaatkan listrik PLN dapat kualitas tanaman lebih bagus dan produksi pun meningkat. Sehingga meningkatkan perekonomian petani.

BACA JUGA:PLN Sukses Jaga Pasokan Listrik Perayaan Malam Tahun Baru 2024, Terang Benderang Penuh Cahaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres