Kunker di Purworejo, Plt Sekjen Kementan Ingatkan Isu Darurat Pangan

Kunker di Purworejo, Plt Sekjen Kementan Ingatkan Isu Darurat Pangan

KUNKER. Plt Sekjen Kementan RI, Dr Ir Prihasto Setyanto MSc, melakukan kunjungan Kunker dalam rangka program PAT dari Kementan di Desa Dlanggu Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

"Tadi kami sudah cek langsung dan airnya melimpah, dapat mengaliri 30-35 hektar sawah. Sebanyak 115 unit pompa yang diberikan ditahap I terpakai semua. Yang paling penting bukan MT 1 atau MT 2 tetapi menjadi sistem yang permanen. Saya harap apa yang telah dilaksanakan di Purworejo menjadi barometer di kabupaten lainnya," ungkapnya.

BACA JUGA:124 Pendidik di Wonosobo Dilantik, Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Purworejo merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitasnya maka diperlukan prasarana dan sarana pertanian yang memadai, SDM yang ber-IT, efisien dan terus berinovasi.

"Perluasan Areal Tanam (PAT) dari Kementerian Pertanian diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan dalam upaya menghadapi perubahan iklim. Program dilakukan dengan percepatan tanam dan merupakan hasil sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan Kodim 0708," ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa Purworejo mempunyai target PAT sebesar 668 hektar di 12 kecamatan. Untuk mewujudkan hal itu, diberikan bantuan kepada kelompok tani yang mempunyai lahan tadah hujan dan  berpotensi menambah areal tanam padi.

BACA JUGA:Musim Liburan Sekolah, Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur Naik hingga 10.000 Per Hari

"Hal ini diharapkan dapat menaikkan Indeks Pertanaman (IP), dari lahan dengan IP 100, bisa menjadi lahan dengan IP 200 bahkan IP 300," ungkapnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres