KPU Temanggung Luncurkan WA Both, Satu-satunya di Jateng

KPU Temanggung Luncurkan WA Both, Satu-satunya di Jateng

LUNCURKAN. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung telah meluncurkan aplikasi WhatsApp Both (WA Both).-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG , MAGELANGEKSPRES- Masyarakat Temanggung tidak harus langsung bertemu dengan petugas pemutahiran data pemilih (pantarlih) untuk mengetahui pencocokan data pemilih (coklit).

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung telah meluncurkan aplikasi WhatsApp Both (WA Both).

"Aplikasi ini resmikami lounching hari ini, dan akan langsung disosialisasikan ke masyarakat," kata Ketua KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois, usai launching aplikasi WA Both, Rabu 10 Juli 2024.

BACA JUGA:Petani Temanggung Bersyukur, Harga Kopi Naik 200 Persen, Cek Besarannya

Ia mengatakan, aplikasi ini belum ada di Kabupaten kota lainnya di Jawa Tengah (Jateng), kecuali KPU RI yang sudah meluncurkan aplikasi yang sama.

Hanya saja perbedaanya, untuk aplikasi WA Both KPU RI untuk mengetahui tahapan Pemilu dan Pilkada serta informasi tentang pemilihan yang lainnya.

Sedangkan untuk WA Both yang diluncurkan oleh KPU Temanggung ini, bisa mengetahui apakah masyarakat sudah di coklit sama petugas Pantarlih atau belum.

Namun, kedepan lanjut Henry, pihaknya akan melengkapi WA Both ini dengan informasi lainnya. Seperti pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, hasil dari coklit yang kemudian menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), hingga ke informasi hasil perhitungan sementara saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah mendatang.

BACA JUGA:Uji Petik Coklit, Bawaslu Temanggung Dapati Sejumlah Temuan

"Rencananya akan kami lengkapi dengan informasi-informasi terkait dengan Pilkada, untuk saat ini memang baru bisa untuk coklit," jelasnya.

Ia menjelaskan, dengan membuka aplikasi WA Both ini masyarakat bisa langsung mengetahui apakah sudah dicoklit atau belum.

Manakala belum maka dari aplikasi ini akan diberi informasi terkait dengan coklit yang sesuai dengan KTP dan KK yang diajukan.

"Akan dibantu, dari aplikasi ini nantinya akan diketahui siapa petugas coklitnya dan dimana harus melakukan coklit," terangnya.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Basnar Perianto menambahkan, terobosan yang dilakukan oleh KPU Temanggung dengan aplikasi WA Both ini sangat membantu dalam proses coklit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres