Tak Hanya Offline, IKM Center Kota Magelang Pasarkan Produk Lewat Marketplace

Tak Hanya Offline, IKM Center Kota Magelang Pasarkan Produk Lewat Marketplace

Penjualan produk UMKM IKM Center melalui live di marketplace-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES- Industri Kecil dan Menengah (IKM) Center Kota Magelang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan marketplace online seperti Shopee, Tiktok, Lazada hingga Tokopedia dengan nama @IKMCenterKotaMagelang.

"Marketplace ini kami buka sebagai terobosan agar masyarakat di luar Magelang tetap bisa belanja tanpa harus datang ke toko," kata pengelola IKM Center, Suharyanto saat ditemui Magelang Ekspres, Kamis 8 Agustus 2024.

BACA JUGA:IKM Center Kota Magelang, Solusi Belanja dan Cari Oleh-Oleh Murah di Pusat Kota

Anto (sapaan akrab Suharyanto) menyebut, hadirnya marketplace mampu mendongkrak penjualan bahkan hingga ribuan untuk produk tertentu.

"Ada satu produk yaitu Pisang Centil Karamel yang sudah terjual saat live di Marketplace kami bahkan lebih dari 1.300 bungkus," ujarnya.

Selain tak perlu datang langsung ke gerai, Anto mengatakan, masyarakat juga bisa mendapatkan produk dengan harga sama atau bahkan lebih murah.

"Sering kami berikan free ongkir dan diskon untuk tanggal cantik seperti 8.8 atau 9.9," tuturnya.

Harga produk yang dijual di IKM lebih rendah dibandingkan dengan toko oleh-oleh, sebab produk didatangkan langsung dari para pelaku UMKM kota Magelang.

BACA JUGA:Pasar Takjil di IKM Center Kota Magelang Masih Sepi Pengunjung, Ini Penyebabnya

"Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan rasio wirausaha sekaligus perekonomian UMKM di Kota Magelang agar lebih hidup dan naik kelas, " ujarnya.

Menurut Anto, hingga saat ini, marketplace IKM telah memiliki ratusan produk UMKM Kota Magelang.

"Harganya mulai dari Rp10.000 an tergantung jenisnya, ada oleh-oleh seperti sale pisang, keripik, slondok, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Pegiat UMKM sekaligus pengusaha sale pisang, Evi mengaku, hadirnya marketplace IKM Center juga sangat meningkatkan jumlah penjualannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres