Laboratorium Sains Terapan Untidar Digadang Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Angkat Produk Lokal

Laboratorium Sains Terapan Untidar Digadang Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Angkat Produk Lokal

Kemendikbud Ristek Prof Dr Abdul Haris saat meresmikan Laboratorium sains terapan di Kampus Sidotopo Untidar Magelang , Senin 12 Agustus 2024.-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Universitas Negeri Tidar MAGELANG memiliki laboratorium sains terapan yang digadang mampu mengembangkan kualitas pendidikan dan mengangkat kualitas produk lokal.

Hal itu disampaikan Kemendikbud Ristek Prof Dr Abdul Haris saat meresmikan Laboratorium sains terapan di Kampus Sidotopo Untidar Magelang , Senin 12 Agustus 2024.

Terlebih, menurut Haris, kampus seperti Untidar Magelang harus terus mengembangkan produktivitasnya.

BACA JUGA:3.880 Maba Untidar Magelang Buat 10 Formasi Papermob Bernilai Kearifan Lokal Hanya dalam 3 Menit

"Hal itu juga sebagai perwujudan bahwa Untidar mampu memberikan dan menjawab tantangan dalam hal relevansi yang juga sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar," katanya.

Oleh karena itu, Haris menyebut, relevansi dalam outcome yang ada di Untidar harus tercapai.

"Outcome-nya itu ada dua, yakni, mahasiswa yang berkompeten dan siap diterima di dunia usaha serta industri, dan karya riset inovasinya," beber Haris.

Kemudian, lanjut Haris, laboratorium yang diresmikan ini harus bisa menjawab tantangan yang ada di masyarakat dalam bentuk riset dan inovasi.

Dengan demikian, Haris berharap, adanya fasilitas seperti laboratorium sains terapan ini harus benar-benar dikembangkan.

BACA JUGA:Kenalkan 3D Printing, FT Untidar Bersama SMKN 1 Windusari Wujudkan Pengabdian Masyarakat

“Baik dari sisi lulusan mahasiswanya maupun hasil risetnya. Jadi, tidak hanya teori saja,” ujarnya.

Hal itu diamini Rektor Untidar Magelang Prof Sugiyarto. Sugiyarto mengatakan, laboratorium rekayasa dan sains terapan ini untuk menunjang berbagai penelitian dan riset yang sudah ada di Untidar.

"Laboratorium ini bisa digunakan untuk semua mahasiswa bahkan lintas fakultas dan program studi (prodi)," sebut Sugiyarto.

Selain bermanfaat untuk mahasiswa, Sugiyarto berharap, laboratorium sains terapan bisa menjadi terobosan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres