Rahasia di Balik Perintah Istighfar Setelah Shalat

Rahasia di Balik Perintah Istighfar Setelah Shalat

Rahasia di Balik Perintah Istighfar Setelah Shalat-IST-MAGELANG EKSPRES

BACA JUGA:Mukmin Harus Bangga dengan Hari Jumat, Hari Terbaik untuk Umat Terbaik

Rahasia Istighfar Setelah Shalat

Kita sangat yakin, dalam ibadah shalat yang kita lakukan sangat rentan dengan kekurangan. Maka sudah selayaknya kalau kita mohon ampun atas semua kekurangan dalam shalat. "Hadirkan perasaan semacam ini ketika anda membaca istighfar setelah shalat. Agar ucapan istighfar kita lebih berarti."

Dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika selesai shalat, beliau membaca istighfar 3 kali. Kemudian membaca, Allahumma antas salam wa minkas salam tabarakta dzal jalali wal ikram.  (HR. Muslim 1362 & Nasai 1345).

Imam Ibnu Utsaimin ketika ditanya  tentang kaitan bacaan istighfar setelah shalat?

BACA JUGA:Waktu Terkabulnya Doa yang Seringkali Diremehkan : Antara Azan dan Iqomah

Kata beliau, "Keterkaitannya sangat jelas. Bahwa manusia ketika shalat tidak akan lepas dari kekurangan. Ketika shalat muncul was-was, gangguang-gangguan, atau rukuk sujudnya tidak sempurna. Atau ketika berdiri, atau duduk. Dalam shalat, tidak lepas dari kekurangan. Sehingga layak untuk langsung membaca istighfar setelah salam. Agar Allah menghapus kesalahan yang kita lakukan ketika shalat dengan bacaan istighfar kita."

Semoga Allah Ta'ala senantiasa memberikan taufik dan hidayah sehingga kita dapat istiqomah mengerjakan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: