Panwascam Magelang Utara Tebar 1.000 Benih Ikan Melem di Kali Bening

Panwascam Magelang Utara Tebar 1.000 Benih Ikan Melem di Kali Bening

TEBAR BENIH. Panwascam Kota Magelang tebar 1.000 benih ikan melem di Kali Bening menandai telah dibentuknya Relawan Pengawasan Partisipatif Nyawiji (Panji) di wilayah Magelang Utara.-HARYAS PRABAWANTI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Magelang Utara menebar 1.000 benih ikan melem di Kali Bening Komplek Gelora Sanden Sport Center, Kramat Selatan, Magelang Utara pada Jumat 23 Agustus 2024.

Tebar benih ikan tersebut sebagai penanda telah dibentuknya Relawan Pengawasan Partisipatif Nyawiji (Panji) di wilayah Magelang Utara.

Adapun Panji terdiri dari berbagai elemen masyarakat seperti paguyuban ojek online, komunitas peduli pengidap HIV/ AIDS, PKK, perwakilan masyarakat inklusif, suporter bola, kelompok tani dan lainnya.

BACA JUGA:Jago Beladiri! Siswa SMP Mutual Kota Magelang Borong Medali Tingkat Nasional

Komisioner Bawaslu Kota Magelang, Abdul Qohir Zakaria menuturkan, pembentukan Panji diharapkan dapat menggandeng seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam mengawal demokrasi pada Pilkada Serentak 2024 mendatang.

"Pembentukan Panji sekaligus dapat mendorong peran masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif agar mewujudkan pemilihan yang langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," tuturnya.

BACA JUGA:PDIP Kabupaten Magelang Siap Menangkan Grengseng-Sahid

Tak hanya itu, Zakaria menyebut, kegiatan ini juga mampu menjadi cara untuk memerangi setiap pelanggaran pemilihan di wilayah Kecamatan Magelang Utara.

Terkait kegiatan, Ketua Panwascam Magelang Utara, Sari Triana mengungkapkan, tebar benih ikan di aliran Kali Bening memiliki makna.

Menurutnya, Relawan Pengawasan Partisipatif Nyawiji yang baru dibentuk ini akan bertumbuh pesat untuk mengiring dan mengawal demokrasi yang bermartabat di Indonesia.

"Relawan pengawas partisipatif ini akan terus disosialisasikan dan dikembangkan agar mempunyai banyak anggota," kata dia.

BACA JUGA:SSC Fun Run Rayakan Ulang Tahun Gelora Sanden Kota Magelang

Sari menyebut, Panwascam Magelang Utara juga terus membuka kran pengaduan dari masyarakat jika menemukan dugaan pelanggaran dalam tahapan Pemilihan.

"Masyarakat bisa melaporkan ke kantor sekretariat Panwascam Magelang Utara yang berada di Jalan Jeruk Timur 20D, Kramat Selatan Kota Magelang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres