Beberapa Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Turunnya Al-Qur’an

Beberapa Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Turunnya Al-Qur’an

Beberapa Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Turunnya Al-Qur’an --

BACA JUGA:Berkah dan Rahasia Kalimat Istirja’ Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun yang Jarang Diketahui

5. Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Solusi

Allah Ta’ala turunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Maka sudah semestinya kita kembalikan semua permasalahan perselisihan kepada petunjuk Al-Qur’an.

Allah Ta’ala berfirman :

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Dan Kami turunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (Muslim)” (QS. An-Nahl: 89).

Dalam ayat lain, Allah Ta’ala juga berfirman :

يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS. An-Nisa: 59).

BACA JUGA:Mengenal Jawami’ al-Kalim, Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Nabi-nabi Sebelum Beliau

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari turunnya Al-Qur’an. Semoga bermanfaat dan senantiasa bisa menjadi pedoman dalam kehidupan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: