Diduga Palsu, 78 Makam di Kali Cuthang Ngalian Wonosobo Dibongkar

Diduga Palsu, 78 Makam di Kali Cuthang Ngalian Wonosobo Dibongkar

PALSU. Sebanyak 78 makam yang diduga palsu atau fiktif di area pemakaman Kali Cuthang Desa Ngalian Wadaslintang dibongkar warga.-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - Sebanyak 78 makam yang diduga palsu atau fiktif di area pemakaman Kali Cuthang Desa Ngalian Wadaslintang Wonosobo dibongkar warga.

Pembongkaran disaksikan oleh pihak Kesbang dan Forkompimcam Wadaslintang.

"Banyak orang meragukan makam tersebut sebagai makam ulama dan wali di Desa Ngalian, ngak ditemukan sejarahnya. Ini sudah meresahkan, maka kami lakukan pembongkaran," ungkap Koordinator Tim Pembongkar makam Kali Cuthang, Arga Balarama, Selasa 3 September 2024.

BACA JUGA:4 Atlet Asal Wonosobo Wakili Jateng dalam PON Aceh - Sumut, Siapakah Mereka?

Menurutnya, pembongkaran makam itu dilakukan untuk menghindari pembelokan sejarah. Pasalnya, banyak orang meragukan makam tersebut.

Dua tahun lalu, tiba tiba ada yang membangun makam di tempat itu, lalu dijadikan lokasi ziarah.

"Dan untuk membuktikannya, kita terjunkan tim untuk melakukan serangkaian penelusuran dan interpretasi atas fakta-fakta yang ada, namun kami tidak menemukan bukti konkret yang mendukung bahwa disitu pernah tinggal atau dijadikan sebagai makam ulama," katanya.

Dijelaskan, bahwa penemuan makam tersebut awalnya dibangun di tanah ilalang yang berstatus tanah milik desa.

BACA JUGA:Belum Dapat Sosialisasi, Petani Tembakau di Temanggung Belum Paham PP 28/2024

Penemuan puluhan makam ini hanya berdasarkan informasi dari beberapa tokoh melalui pendekatan spiritual, tanpa didukung kajian ilmiah.

"Kami tidak menemukan bukti sejarah berupa artefak, catatan sejarah, atau dokumen kuno yang bisa mendukung klaim bahwa makam tersebut merupakan situs cagar budaya," ungkapnya.

Selain itu, dalam proses penelusuran, tim menemukan adanya ketidaksesuaian terkait jumlah makam dan nama-nama yang tercantum.

"Tidak ada sumber silsilah yang jelas mengenai nama-nama yang didaftarkan, dan waktu pemakaman tokoh-tokoh tersebut juga tidak diketahui secara pasti," imbuhnya.

BACA JUGA:Apel Bhabinkamtibmas Wonosobo, Jadi Ujung Tombak Pengaman Pilkada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres