Jelang Pensiun, 94 ASN di Wonosobo Dilatih Wirausaha

Jelang Pensiun, 94 ASN di Wonosobo Dilatih Wirausaha

PEMBEKALAN. Pemkab Wonosobo melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) gelar kegiatan pembekalan kewirausahaan bagi calon pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS).-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM -Pemkab Wonosobo melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) gelar kegiatan pembekalan kewirausahaan bagi calon pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Batas Usia Pensiun (BUP) pada tahun 2025 dan 2026.

Kepala BKD Wonosobo, Tri Antoro  menyampaikan, kesiapan mental dan keterampilan yang matang sebelum memasuki masa pensiun, penting untuk dilakukan agar tetap produktif setelah masuk masa purna.

“Masa pensiun bukanlah akhir dari produktivitas, melainkan awal dari babak baru dalam kehidupan," katanya belum lama ini.

BACA JUGA:Meninggal Tertibkan APK, ASN Wonosobo Mendapatkan Penghargaan Anumerta

Oleh karena itu, melalui pembekalan tersebut  pihaknya ingin memastikan bahwa para calon pensiunan memiliki bekal yang cukup untuk tetap aktif dan mandiri.

Menurut Tri, program pembekalan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Wonosobo untuk memberikan penghargaan dan dukungan kepada para PNS yang telah mengabdi selama bertahun-tahun.

“Setelah mengikuti pembekalan ini, para calon pensiunan dapat menemukan peluang usaha yang sesuai dengan minat dan potensi mereka, sehingga dapat menjalani masa pensiun dengan lebih sejahtera dan bermakna,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pembinaan dan Penilaian Kinerja Aparatur BKD Wonosono, Tri Ambarwiyati menjelaskan, tahun ini BKD menggelar pembekalan 3 kali dengan 3 peminatan.

BACA JUGA:Jumlah Perceraian ASN di Wonosobo Naik, Proses Mediasi Cenderung Sulit

Pembekalan sesi ketiga ini dihadiri 94 PNS yang akan memasuki masa pensiun dalam dua tahun mendatang.

“Kegiatan pembekalan ini meliputi berbagai materi, mulai dari pengenalan peluang usaha seperti bidang pertanian, ritel dan peternakan, kemudian manajemen keuangan, hingga strategi pemasaran," terangnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengundang  pemateri dari praktisi dan pengusaha sukses,  untuk berbagai  tips dan pengalaman berharga serta motivasi dalam memulai dan mengelola usaha.

BACA JUGA:MPP Temanggung Layani Semua Lapisan Masyarakat, Perlu Diisi ASN Beretos Kerja Tinggi

Dengan adanya pembekalan kewirausahaan ini, Pemkab Wonosobo berharap PNS yang akan memasuki masa pensiun dapat menghadapi masa purna tugas dengan lebih siap dan percaya diri, serta mampu menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres