Tes Kesamaptaan Jasmani, Kodim Magelang Pastikan Prajuritnya Siap Melaksanakan Tugas

Tes Kesamaptaan Jasmani, Kodim Magelang Pastikan Prajuritnya Siap Melaksanakan Tugas

GARJAS. Kodim 0705/Magelang menggelar tes Garjas bagi prajurit bintara dan tamtama serta aparatur sipil negara (ASN), di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Selasa 10 September 2024-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM - Kodim 0705/Magelang menggelar tes kesamaptaan jasmani (Garjas) bagi prajurit bintara dan tamtama serta aparatur sipil negara (ASN).

Tes kesamaptaan jasmani periodik II Tahun 2024 itu digelar di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Selasa 10 September 2024.

Sebelum pelaksanaan Garjas, terlebih dahulu para peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh petugas Medis dari RST dr. Soejono Kota Magelang dan Keslap Kodim 0705/ Magelang dilanjutkan dengan senam peregangan otot oleh tim Jasrem 072/ Pamungkas.

BACA JUGA:Tingkatkan Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu Gelar Sosialisasi Peraturan dan Produk Hukum Non Perbawaslu

Tim Supervisi dari Korem 072/ Pamungkas, Kapten Inf Suwito menjelaskan, menjaga ketahanan fisik bagi setiap prajurit Kodim Magelang dalam meningkatkan serta tolak ukur pembinaan fisik melalui kesamaptaan jasmani adalah hal penting yang wajib diperhatikan.

Sebab, selain melihat kemampuan fisik di lapangan juga untuk mengetahui kesiapan personel di saat pelaksanaan kesamaptaan jasmani dengan lancar dan aman.

"Faktor keselamatan setiap peserta dalam pelaksanaan kesamaptaan jasmani itu yang lebih utama, memaksimalkan sarana lapangan yang sangat menunjang sehingga hasilnya akan menjadi pedoman setiap peserta," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pelaksana Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II Kodim Magelang Kapten Inf Mabruron.

BACA JUGA:HEBAT! Kota Magelang Menerima Lagi Penghargaan Pengelolaan Transportasi Perkotaan Terbaik

Selain untuk mengetahui tingkat kesamaptaan prajurit, Mabruron menyebut, kesegaran jasmani juga merupakan salah satu peran penting dalam pembinaan satuan.

Terlebih, dalam pelaksanaanya seluruh peserta melaksanakan tensi serta tes denyut nadi.

Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan dan kondisi fisik prajurit sebelum melaksanakan kegiatan samapta.

"Prosedur itu sangat penting karena kegiatan kesamaptaan jasmani termasuk kegiatan yang menguras tenaga dan cukup beresiko. Tentu kita berharap semua kegiatan berjalan lancar dan aman," sebutnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Mabruron menyampaikan, pada pelaksanaan kesamaptaan jasmani dilaksanakan selama 2 hari. Kegiatan tes kesamaptaan tersebut wajib dilaksanakan bagi seluruh prajurit dilaksanakan dua kali dalam setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres