Jatmiko: Petahana Punya Peluang Besar Menangkan Pilkada di Kota Magelang

Jatmiko: Petahana Punya Peluang Besar Menangkan Pilkada di Kota Magelang

Anggota DPRD Kota Magelang, HIR Jatmiko menilai pasangan petahana lebih diunggulkan dibanding penantang karena berbagai faktor pada Pilkada tahun ini-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM -- Calon petahana dalam pemilihan walikota Magelang 27 November 2024 dianggap punya peluang besar untuk memenangkan kompetisi itu.

Beberapa faktor kunci dapat diidentifikasi sebagai pendorong utama, termasuk kinerja yang terbukti, jaringan politik yang kuat, dan dukungan dari basis pemilih yang sudah ada.

Hal itu dikatakan Anggota DPRD Kota Magelang, HIR Jatmiko kepada wartawan, Senin, 30 September 2024. Politisi Partai Hanura tersebut menilai, kinerja petahana menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan kepercayaan pemilih.

"Perbedaannya terletak pada mekanisme mencari kepercayaan publik. Jika petahana cukup dengan mempertajam program-programnya. Sedangkan nonpetahana, harus mulai dari awal," kata Jatmiko.

BACA JUGA:Kota Magelang Raih Anugerah Anindhita Wistara Data Terbaik Nasional 2024

Di sisi lain, calon petahana dirasa lebih mampu melakukan evaluasi program yang telah berjalan, untuk kemudian disempurnakan.

"Karenanya tidak mengherankan jika petahana lebih populer. Kemudian punya jaringan politik sampai ke akar rumput yang lebih besar, termasuk tokoh masyarakat maupun organisasi lokal," jelasnya.

Jatmiko mengingatkan, meskipun petahana punya peluang besar, namun tantangan ke depan tetap ada.

BACA JUGA:Konsisten Gratiskan Tagihan Warga Miskin, DPRD Puji PDAM Kota Magelang

Opini publik yang cepat berubah, sehingga petahana perlu terus beradaptasi dan mendengarkan aspirasi masyarakat untuk menjaga dukungan yang ada.

Keuntungan lainnya, sebut Jatmiko, yakni terkait durasi kampanye yang hanya 62 hari terhitung pada 25 September-24 November.

"Durasi yang sempit membuat kandidat penantang susah waktu untuk melakukan sosialisasi secara masif. Walaupun di Kota Magelang efeknya tidak terlalu signifikan, tapi tetap saja ada pengaruhnya," tuturnya.

BACA JUGA:Pengamat Politik Nilai Pasangan Damai Paling Komplet untuk Kota Magelang

Ditambah lagi, kata Jatmiko, investasi politik petahana juga menjadi poin plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres