Puluhan Kendaraan Polres Magelang Kota Diperiksa

Puluhan Kendaraan Polres Magelang Kota Diperiksa

PEMERIKSAAN. Propam Polres Magelang Kota memeriksa satu per satu kendaraan milik anggota, sebagai kesiapan Operasi Zebra.-Istimewa-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Puluhan kendaraan personel Satlantas Polres Magelang Kota diperiksa, Selasa (15/10) pagi lalu. Pemeriksaan ini dalam rangka persiapan Operasi Zebra Candi 2024.

Kasat Lantas Polres Magelang Kota AKP Krida Risanto mengatakan, pemeriksaan dilakukan oleh Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) yang bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan profesionalisme anggota kepolisian.

"Sebagai penegak hukum, kita harus menjadi contoh yang baik dalam berlalu lintas. Ketaatan kita terhadap aturan lalu lintas akan berdampak positif pada citra kepolisian di mata masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Operasi Zebra Temanggung: Edukasi dan Penegakan Hukum Jalan Raya, Knalpot Brong Jadi Sasaran Utama

Ia menjelaskan, fokus pemeriksaan meliputi kelengkapan kendaraan dinas maupun pribadi yang digunakan oleh anggota. Seperti kondisi fisik kendaraan, lampu, klakson, dan ban.

Selain itu, surat-surat kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga diperiksa untuk memastikan keabsahannya.

Tidak hanya itu, identitas diri anggota, seperti Kartu Tanda Anggota (KTA) dan dokumen pendukung lainnya, turut menjadi objek pemeriksaan.

Dengan memastikan kelengkapan administrasi dan kondisi kendaraan yang memadai maka tugas-tugas kepolisian ke depan akan semakin mudah.

BACA JUGA:Operasi Patuh Candi 2024 Polres Magelang Kota: Berikut Jenis Pelanggaran yang Ditindak dan Dendanya

Ia juga menegaskan bahwa pemeriksaan seperti ini tidak hanya akan dilakukan pada saat Operasi Zebra Candi 2024, tetapi akan terus diterapkan secara berkala.

Operasi Zebra Candi 2024 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Operasi ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan meningkatkan kesadaran serta disiplin pengendara.

Sementara sasaran penindakan tidak hanya ditujukan kepada masyarakat, tetapi juga kepada anggota kepolisian yang bertugas di bidang lalu lintas.

AKP Krida Risanto menambahkan bahwa petugas lalu lintas harus memastikan diri mereka tertib terlebih dahulu sebelum menegakkan aturan kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres