Di Kabupaten Tegal Marak Kebakaran Lahan Kosong, DPRD Sarankan Begini

Di Kabupaten Tegal Marak Kebakaran Lahan Kosong, DPRD Sarankan Begini

Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKS H. Bakhrun saat mengikuti rapat di Ruang Banggar DPRD setempat. Foto: YERI NOVELI/RADAR SLAWI--

SLAWI, MAGELANGEKSPRES - Kebakaran lahan kosong di sejumlah wilayah di Kabupaten Tegal belakangan ini kerap terjadi. Penyebab Kebakaran itu dipicu karena kelalaian.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal H. Bakhrun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak ceroboh saat membakar sampah maupun membuang putung rokok yang masih menyala. Disarankan, ketika hendak membakar sampah di lahan kosong, sebaiknya ditunggu. Jika api merambat ke dahan pohon yang kering, lekaslah disiram air.

"Tujuannya agar api tidak meluas," kata Bakhrun, saat dimintai keterangan ihwal maraknya Kebakaran lahan kosong di Kabupaten Tegal, Jumat (18/10).

Begitu pula kepada para perokok, politisi PKS ini juga berharap agar tidak membuang putung rokok sembarangan. Sebaiknya putung rokok dimatikan lebih dulu sebelum dibuang.

"Karena jika lalai, akibatnya Kebakaran," ucapnya.

Dirinya tak menampik, belakangan ini juga banyak rumah semi permanen yang terbakar. Hal itu dipicu karena pemilik rumah lalai. Mereka cenderung lupa mematikan kompor atau kabel listrik yang sudah usang tapi tidak diganti.

"Ini juga harus diwaspadai. Karena terjadinya Kebakaran mayoritas penyebabnya kelalaian," tukasnya.

Kabid Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Tegal Suwitno membenarkan jika kasus Kebakaran di Kabupaten Tegal cukup tinggi. Hampir setiap hari terjadi Kebakaran.

"Yang paling banyak lahan kosong. Penyebabnya putung rokok dan membakar sampah sembarangan. Kami mengimbau kepada masyarakat agar hati-hati saat membakar sampah atau membuang putung rokok," ucapnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: