Museum Tosan Aji Bertransformasi ke Digitalisasi, Luncurkan Table Mapping Koleksi dan Gelar Pameran 3 Hari

Museum Tosan Aji Bertransformasi ke Digitalisasi, Luncurkan Table Mapping Koleksi dan Gelar Pameran 3 Hari

DIGITALISASI MUSEUM. Museum Tosan Aji Purworejo meluncurkan digitalisasi museum berupa Table Mapping koleksi serta website bersamaan dengan Pameran Temporer bertajuk Virtual Journey Through Time di kawasan museum setempat-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

Menurutnya, Museum Tosan Aji mengemban tanggung jawab besar dalam merawat dan memperkenalkan kekayaan budaya berupa tosan aji, benda pusaka yang memiliki nilai historis, seni, dan spiritual yang tinggi. Pameran temporer ini merupakan upaya nyata dalam memperkenalkan kekayaan sejarah dan budaya Purworejo kepada masyarakat luas.

"Saya berharap, pameran ini dapat menjadi jendela bagi kita semua untuk lebih memahami dan menghargai warisan leluhur, sekaligus menginspirasi generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan kekayaan budaya ini," tandasnya.

Kabid Kebudayaan Dindikbud Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, menjelaskan bahwa pembukaan pameran dan launching digitalisasi museum menampilkan dalang cilik Bimo Mukti Agil Budiarto. Bimo yang berasal dari Desa Jombang Kecamatan Ngombol,  tercatat sebagai Siswa Kelas 6 SDIT Salsabila 5 Purworejo.

BACA JUGA:Gus Chamid Lanjutkan Tongkat Estafeta Kepemimpinan PAC GP Ansor Purworejo

"Mas Bimo ini adalah pemenang Festival Dalang Anak Tingkat Kedu dan akan maju pada Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kategori A (usia 8-11 tahun) besok tanggal 27 Oktober 2024 di Sragen," jelasnya.

Pameran juga dirangkai dengan workshop kajian museum dari pemerhati Budaya di Purworejo, yakni Witoyo dan Sudibyo serta tentang konservasi logam yang disampaikan Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah X. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres