Keterbukaan Informasi Publik di Wonosobo Menjadi Pintu Masuk Pengawasan

Keterbukaan Informasi Publik di Wonosobo Menjadi Pintu Masuk Pengawasan

DIALOG. Apel Pagi dan Dialog Persiapan Visitasi Penilaian Keterbukaan Informasi Publik di halaman Diskominfo Wonosobo. -Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - Menjamin dan mengatur ketentuan serta tata cara pemenuhan hak dan kewajiban atas informasi publik, menjadi komitmen yang harus dilaksanakan sebagai bagian dari akuntabilitas kelembagaan seluruh badan publik kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Bupati Wonosobo Muhammad Albar saat memimpin Apel Pagi dan Dialog Persiapan Visitasi Penilaian Keterbukaan Informasi Publik di halaman Diskominfo Wonosobo.

Menurut Albar, lolosnya Badan Publik Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan RSUD KRT Setjonegoro menuju tahapan monev ke-3, yaitu visitasi yang akan dilaksanakandalam waktu dekat oleh Komisi Informasi Jawa Tengah.

BACA JUGA:HSN di Wonosobo, Plt Bupati: Santri Jangan Hanya Jadi Guru Ngaji

Menunjukkan kualitas keterbukaan informasi publik dan kesadaran seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang lebih baik untuk mendukung terwujudnya Wonosoboyang berdaya saing, maju, dan sejahtera.

"Kualitas Keterbukaan Informasi Publik kita sudah ada peningkatan, peningkatan harus terus dilakukan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Fahmi Hidayat menambahkan, keterbukaan informasi publik merupakan pra syarat penting yang membuka peluang atas semakin kuatnya pengawasan publik, sekaligus ruang partisipasi masyarakat dalam formulasi berbagai program dan kebijakan pembangunan.

Terlebih, hak mengakses informasi menjadi hak asasi setiap warga negara yang dijamin konstitusi.

Menurutnya, komitmen dalam mewujudkan keterbukaan informasi publikini tidak hanya menjadi wujud kepatuhan terhadap amanat konstitusi, namun lebih dari itu, sebagai bentukpemenuhan hak seluruh warga negara terhadap aksesinformasi.

BACA JUGA:AKP Arif Kristiawan Jabat Kasat Reskrim Polres Wonosobo

“Sebagai objek dan subjek pembangunan, masyarakat dapat menjalankan perannya dalam mengawal dan membersamai pembangunan, guna mewujudkan tata kelola pemerintahanyang transparan dan akuntabel, menuju terwujudnya goodgovernance and clean government,” ujarnya.

Upacara penghormatan bendera, oleh Plt Bupati Wonosobo, juga dihadiri jurnalis Wonosobo yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Wonosobo (KJW).

Selain mendengarkanarahan terkait mempersiapkan visitasi penilaian KIP. Momentum ini juga menjadi ajang diskusi berbagai topikstrategis, utamanya dalam membangun sinergi dan penyampaian report progres berbagai kegiatan maupun inovasi yang sudah dilakukan Diskominfo. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres