SMK N 3 Magelang Kembali Menjadi Pusat Belajar Upskilling Guru SMK Berstandar Industri

Senin 12-06-2023,21:17 WIB
Reporter : SMK Negeri 3 Magelang
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bertempat di Bale Hinggil Hotel Safira Magelang, 12 Juni 2023, Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyambut kehadiran peserta magang kegiatan Upskilling dan Reskilling Guru SMK Berstandar Industri Gelombang 1.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata mulai dari tanggal 27 Maret 2023 - 27 Juni 2023.

20 guru Tata Kecantikan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan magang industri Kompetensi Keahlian Kecantikan Klaster Perawatan Wajah dengan Teknologi.

Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dari Pulau Sumatera yaitu SMK N 3 Rantau Utara, SMK N 3 Tebing Tinggi, SMK N 1 Beringin, SMK N 3 Bandar Lampung, SMK N 2 Tanjungpinang, SMK N 1 Sigli, SMK N 4 Kota Jambi, SMK S Global Pariaman, SMKN 1 Kutacane, SMK Muhammadiyah 16 Desa Pon, dan SMK N 3 Tanjungpandan.

BACA JUGA:SMK N 3 Magelang Gelar Sosialisasi dan Workshop Penyusunan Rancangan Pengembangan BLUD

Selain itu peserta berasal dari SMK Negeri 7 Kota Tangerang Selatan dan SMKN 6 Yogyakarta. Sedangkan dari Jawa Tengah berasal dari SMKN 3 Klaten, SMKN 1 Tegal, SMK N 6 Semarang, SMK N 1 Kalinyamatan, SMK N 3 Magelang, dan SMK N 3 Pati Magang industri dilaksanakan di Kota Magelang dengan melibatkan industri bidang Kecantikan Kulit.

Di antaranya Infinity Clinic, The Beauty Recipe, ENS Skin Specialist, dan DRW Skin Care.

Peserta melakukan magang selama 9 hari, 13-21 Juni 2023 dan dilanjutkan uji kompetensi 22-23 Juni 2023, untuk mencapai sertifikasi kompetensi industri yang diselenggarakan oleh masing-masing industri tempat magang.

Menurut Mila Yustiana, selaku Ketua Pusat Belajar, ditunjuknya kembali Kepala SMK N 3 Magelang sebagai Pusat Belajar merupakan suatu kebanggaan dan tanggung jawab besar.

Menjadi jembatan institusi pendidikan dengan industri agar guru-guru SMK Kecantikan bisa menyelaraskan pengetahuan dan keterampilannya.

“Saya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan magang dengan baik, mengingat perkembangan teknologi di industri kecantikan selalu mengalami perubahan. Untuk itu guru-guru harus bisa menyesuaikan, mengupdate dan mengupgrade kompetensi serta nantinya dapat mengimplementasikannya kepada teman sejawat dan murid-murid di sekolah,” lanjut Mila.

BACA JUGA:SMK N 3 Magelang Gelar “Magelang Expo of Heritage” di Atos Mall Magelang

Senada dengan kepala sekolah, Restiarini Endah Winanti selaku Admin LMS BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata memberikan apresiasinya kepada seluruh peserta. Bahwa kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui LMS dan luring untuk kegiatan magang industri dapat dijalani dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi tinggi.

“Harapan saya, selama menjalani magang peserta dapat menjalin kerja sama yang baik dengan industri, mengingat industri tempat magang akan menjadi mitra sekolah. Magang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan selanjutnya didiseminasikan kepada teman-teman guru di sekolah,” tutup Ristiarini. (adv/sumiatun)

Kategori :