Pulihkan Sektor Pariwisata Daerah, Pemkot Magelang Apresiasi Forum Eco Travel Mart

Pulihkan Sektor Pariwisata Daerah, Pemkot Magelang Apresiasi Forum Eco Travel Mart

Wakil Walikota Magelang Meresmikan Pembukaan Eco Travel Mart di Hotel Puri Asri Magelang, Rabu, 20 September 2023-Dok. Pemkot-ISTIMEWA

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Dalam rangka mendukung pemulihan sektor pariwisata daerah Kota Magelang, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menyambut baik penyelenggaraan Eco Travel Mart yang diadakan Latar Tidar Tourism Institute di Hotel Puri Asri Magelang. 

Wakil Walikota Magelang, M. Mansyur mengatakan, forum ini diharapkan dapat menjembatani para stakeholder industri pariwisata dalam mencapai kesepakatan bisnis, yang kemudian akan berdampak signifikan untuk menggerakkan perekonomian daerah dan kesejahteraan rakyat. 

"Kami apresiasi forum temu bisnis antara para stakeholder kepariwisataan dari berbagai wilayah di Indonesia ini. Semoga dapat melahirkan kemitraan-kemitraan yang berkontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Mansyur saat momen pembukaan Eco Travel Mart, Rabu 20 September 2023. 

BACA JUGA:Deteksi Stunting, Pemkot Magelang Salurkan Antropometri Kit Untuk Posyandu

Mansyur menambahkan, pada kegiatan yang dihadiri sejumlah pengusaha dan pelaku wisata dari seluruh Indonesia tersebut, pariwisata merupakan sumber daya potensial yang dapat mendatangkan penghasilan. 

Selain itu, pariwisata juga merupakan industri 'bersih' yang tidak menimbulkan polusi serta mendorong penyerapan tenaga kerja. 

Oleh karena itu, pemerintah menetapkan sektor pariwisata sebagai satu dari tiga sektor unggulan dalam pembangunan. 

Menurutnya, meski sempat lesu akibat pandemi Covid-19, namun saat ini pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menunjukkan peningkatan meski belum mencapai level prapandemi. 

BACA JUGA:5 Kecamatan Paling Indah di Magelang, Surganya Pemandangan Alam

Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) yang bahkan telah mampaui dari target yang ditentukan. 

Lebih lanjut Mansyur menyebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat, di tahun 2022 terdapat kunjungan wisman sebanyak 5,5 juta dan 800 juta wisnus. 

Jumlah tersebut jauh melampaui dari target yang ditentukan sejumlah 1,8 - 3,6 juta untuk wisman, dan 550 juta perjalanan untuk wisnus. 

BACA JUGA:DMFI Anugerahi Polres Magelang Kota Atas Pengungkapan Kasus Pencurian Anjing dan Dijual ke Jagal

"Oleh karenanya, pemerintah bersama para pemangku kepentingan dan pelaku usaha industri pariwisata, harus terus menjaga momentum penguatan pemulihan sektor pariwisata melalui penerapan kebijakan pengembangan industri pariwisata yang berkualitas, berkelanjutan, dan berbasis digital," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pemkot magelang