UNIK! Sambut Kemerdekaan RI Ibu-ibu di Magelang Ini Sulap Jalan Jadi Lukisan 3D

Sabtu 12-08-2023,18:04 WIB
Reporter : Wiwid Arif
Editor : Arief Setyoko

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, kreasi ibu-ibu di Magelang ini patut diapresiasi. Betapa tidak, karena mereka berhasil membuat kreasi lukisan 3D di Jalan Gang Senggol Perumahan Bumi Prayudan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Jalanan perumahan yang biasanya sepi terlihat belasan orang silih berganti memenuhi jalan, Sabtu 12 Agustus 2023.

Sejurus berikutnya mereka berfoto dengan gaya cinematic di atas lukisan 3D yang menghiasinya. Tampak lukisan 3D tersebut dibuat di atas paving gang  perumahan.

Lukisan itu dibuat oleh salah seorang warga, bernama Gatot yang merupakan alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Nely Lidia Sari, salah satu warga setempat mengatakan, ide pembuatan lukisan 3D ini bermula karena keinginan para ibu rumah tangga untuk menambah estetika dan kebersihan di Gang Senggol.

"Sekalian juga dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI biar lebih meriah dan lebih menyenangkan," ujar Nely, Sabtu 12 Agustus 2023.

BACA JUGA:WOW! Harta Kekayaan Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana 4 Kali Lipat Lebih Banyak Dibanding Bupati Zaenal Arifin

Menurut Nely, lukisan 3D memang terlihat berbeda dengan lukisan konvensional pada umumnya.

Sebab, khusus lukisan 3D di Gang Senggol itu dibuat guna menimbulkan ilusi optik.

"Inti dari pembuatan lukisan ini supaya membuat orang-orang jadi senang bahagia, bisa untuk selfie juga, buat wisata dekat dan gratis," imbuh Nely Lidia Sari.

Salah satu lukisan 3D yang ada di sini berbentuk lautan. Selain itu, juga dilengkapi dengan ekosistem di dalamnya seperti ikan hiu dan lumba-lumba.

BACA JUGA:Raih 13 Emas Kabupaten Magelang Peringkat 18 di Ajang Porprov Jawa Tengah 2023

Efek tiga dimensi di sini mampu membuat ikan hiu dan lautan ini seolah-olah tampak timbul jika dilihat dari sudut tertentu.

“Awalnya muncul gagasan agar Gang Senggol dipercantik dan bersih. Tapi setelahnya idenya justru berkembang. Bagaimana kalau kita bikin lukisan 3 dimensi. Lukisan ini dikerjakan sejak dua pekan kemarin," ujarnya.

BACA JUGA:Mirip Bangunan Ikonik di Moscow Russia, Tempat Wisata Ini Ternyata Ada di Magelang

Kategori :