Orang Beriman dan Bertakwa Merasa Aman dan Tidak Takut Menghadapi Hari Kiamat

Jumat 20-10-2023,05:00 WIB
Reporter : Abu Hammam
Editor : Suroso

MAGELANG EKSPRES- Hanya orang-orang yang beriman dan bertakwa yang kelak diselamatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hari Kiamat. Mereka akan mendapatkan rasa aman dan tidak takut menghadapi hari Kiamat.

Ustadz Abdullāh Roy dalam Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Hari Akhir menjelaskan bahwa secara umum, orang-orang yang beriman dan bertakwa mereka di hari tersebut akan mendapatkan rasa aman, tidak takut dengan apa yang akan mereka hadapi di hari kiamat.

Dan mereka tidak bersedih yaitu dengan dunia yang telah mereka tinggalkan. Rasa aman ini Allah berikan sesuai dengan kadar keimanan dan ketakwaan mereka.

BACA JUGA:Dilindungi dari Panasnya Padang Mahsyar, 7 Golongan ini yang akan Dinaungi Allah pada Hari Kiamat

Siapa yang  iman dan ketakwaanya sempurna maka akan mendapatkan rasa aman yang sempurna. Namun, siapa yang iman dan ketakwaanya berkurang maka rasa aman yang akan didapatkan juga berkurang.

Allah berfirman :

أَلَآ إِنَّ أَوۡلِيَآءَ ٱللَّهِ لَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُونَ (٦٢) ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَڪَانُواْ يَتَّقُونَ (٦٣)لَهُمُ ٱلۡبُشۡرَىٰ فِى ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا وَفِى ٱلۡأَخِرَةِ‌ۚ لَا تَبۡدِيلَ لِڪَلِمَـٰتِ ٱللَّهِ‌ۚ ذَٲلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ (٦٤

“Ketahuilah sesungguhnya wali-wali Allah tidak ada ketakutan atas mereka dan mereka tidak akan bersedih. Yaitu orang-orang yang beriman dan bertakwa. Bagi merekalah kabar gembira di dunia dan juga di akhirat.” (Yunus : 62-64)

Allah berfirman :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمۡ يَلۡبِسُوٓاْ إِيمَـٰنَهُم بِظُلۡمٍ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ لَهُمُ ٱلۡأَمۡنُ وَهُم مُّهۡتَدُونَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuri keimanan mereka dengan kedzaliman, yaitu dengan kesyirikan, merekalah orang-orang yang akan mendapatkan keamanan dan merekalah orang-orang yang mendapatkan petunjuk.” (Al-An’am : 82)

Selama di dunia mereka takut kepada Allah dan adzab di hari Kiamat maka Allah memberikan rasa aman kepadanya di hari Kiamat.

Allah berfirman menceritakan tentang ucapan orang-orang yang beriman

إِنَّا نَخَافُ مِن رَّبِّنَا يَوۡمًا عَبُوسً۬ا قَمۡطَرِيرً۬ا (١٠) فَوَقَٮٰهُمُ ٱللَّهُ شَرَّ ذَٲلِكَ ٱلۡيَوۡمِ وَلَقَّٮٰهُمۡ نَضۡرَةً۬ وَسُرُورً۬ا (١١

“Sesungguhnya kami takut dari Robb kami, pada hari di mana orang bermuka masam penuh dengan kesulitan, maka Allah menjaga mereka dari kesusahan pada hari tersebut dan memberikan kepada mereka kecerahan wajah dan kegembiraan hati.” (Al-Insan : 10-11)

BACA JUGA:Kondisi Padang Mahsyar saat Manusia Dikumpulkan Menunggu Keputusan di Hari Kiamat

Keadaan Orang-Orang yang Beriman di Hari Kiamat

Umat Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam akan memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh umat Nabi yang lain.

Kategori :