Tak Hanya Buahnya, Ini 6 Manfaat Daun Sirsak yang Memiliki Segudang Khasiat untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Senin 13-11-2023,09:00 WIB
Reporter : Kisna Hesti Ningrum
Editor : Kisna Hesti Ningrum

MAGELANGEKSPRES -- Sirsak adalah buah-buahan tropis dengan segudang manfaat. Tak hanya daging buahnya, ternyata daun tumbuhan ini juga kaya akan khasiat untuk berbagai masalah kesehatan. 

Daun sirsak memang sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan. 

Dengan pengolahan daun sirsak yang benar dan mengonsumsinya dengan bijak, maka khasiat dari daun sirsak akan semakin terasa. 

Biasanya, daun sirsak diolah menjadi minuman dengan cara diambil ekstraknya. Kebanyakan pengolahannya adalah dengan cara dibuah teh daun sirsak. Lalu diminum secara teratur dengan dosis yang sesuai kebutuhan. 

Daun sirsak memiliki kandungan yang sangat beragam dan bermanfaat bagi tubuh. Dalam daun sirsak terdapat berbagai nutrisi penting seperti protein, serat kasar, lemak kasar, dan kalsium. Selain itu, daun sirsak juga mengandung hemiselulosa, selulosa, lignin, dan silika.

Salah satu kandungan penting dalam daun sirsak adalah acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat sitotoksik.

BACA JUGA:Timun Buah atau Sayur? Ini Jawabannya Beserta 10 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Mengonsumsi Timun

Senyawa ini mampu membunuh racun yang ada di dalam tubuh kita. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindungi kita dari berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, daun sirsak juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Senyawa ini termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga keseimbangan mekanisme kerja tubuh.

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang dimiliki, tidak heran jika daun sirsak sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun sirsak dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi peradangan, dan menjaga kesehatan tubuh. 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari daun sirsak. Apa saja? Simak selengkapnya! 

1. Daun Sirsak sebagai Anti Kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa yang memiliki sifat antikanker.

Daun sirsak pun dapat membunuh sel kanker tanpa menyerang sel-sel baik dalam tubuh dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker. 

Daun sirsak kaya akan antioksidan seperti acetogenins dan vitamin C di mana dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. 

Kategori :