Tak Hanya Buahnya, Ini 6 Manfaat Daun Sirsak yang Memiliki Segudang Khasiat untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Senin 13-11-2023,09:00 WIB
Reporter : Kisna Hesti Ningrum
Editor : Kisna Hesti Ningrum

Maka dari itu, jika Anda ingin meredakan penyakit wasir dengan daur sirsak ini, Anda dapat meminum air rebusannya dan tentu saja tetap diimbangi dengan memakan makanan berserat dan bergizi.

BACA JUGA:Wisata Purworejo Terbaru, Curug Muncar dengan Segala Keindahan dan Kesegaran Airnya

5. Daun Sirsak untuk Mengatasi Hipertensi

Meminum air rebusan daun sirsak dipercaya dapat mengatasi penyakit hipertensi. Pengobatan ini telah dilakukan oleh banyak orang. Mereka percaya bahwa ekstrak daun sirsak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Hal itu dikarenakan air rebusan daun sirsak memiliki kandungan antioksidan dan anti peradangan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, terdapat juga kandungan kalium yang mana dapat membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah dan membantu mengatur jantung.

Kalium pun dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan zat besi membantu mengatur detak jantung. 

Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak sesuai dosisnya, maka akan dipercaya memiliki kemungkinan yang kecil mengalami hipertensi.

BACA JUGA:Indahnya Air Terjun Kedung Kayang Magelang, Mirip Air Terjun di Luar Negeri

6. Daun sirsak obat herbal untuk rematik

Manfaat lain yang tak kalah penting dari daun sirsak ini adalah ternyata daun sirsak mampu mengobati rematik. Rematik adalah penyakit peradangan sendi yang kebanyakan dialami oleh lansia.

Cara menggunakan daun sirsak untuk pengobatan rematik sangatlah mudah, yaitu dengan cara daunnya ditumbuk hingga halus dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Pengolesan ini baiknya dilakukan sebagai dua kali sehari. Dengan ini, daun sirsak dipercaya akan membuat bagian tubuh yang terasa sakit berangsung-angsur membaik.

BACA JUGA:Wajib Tanam di Depan Rumah! Ternyata Ini 7 Manfaat Daun Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh yang Tak Disangka

Itulah beberapa manfaat dari daun sirsak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Meskipun daun sirsak dipercaya sebagai obat herbal yang kaya manfaat, tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda selalu mengimbangi pengobatan herbal ini dengan mengonsumsi makan-makanan bergizi dan mengonsultasikannya ke dokter jika ada keluhan.

Kategori :