Mau Tau Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW? Ini Dia Tips Hidup Sehat Seperti Yang Dilakukan Nabi Muhammad

Senin 08-01-2024,06:00 WIB
Reporter : Khairul Mubadi
Editor : Khairul Mubadi

Beliau juga akan makan ketika merasa lapar dan berhenti makan sebelum dirinya merasa kenyang.

BACA JUGA:Pola Hidup Sehat Ala member New Jeans, Cocok Buat yang Baru Memulai

2. Menjaga adab saat makan dan minum

Selain menjaga pola makan, Nabi Muhammad juga selalu menjaga adab saat makan dan minum.

Diantaranya adalah Rasulullah selalu membaca doa sebelum makan dan doa sesudah makan, serta makan dengan menggunakan tangan kanan.

Beliau juga selalu makan dan minum dalam posisi duduk, dimana hal ini dapat membuat makanan bisa tercerna secara maksimal sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian modern membuktikan bahwa makan dan minum dengan posisi yang baik yaitu dengan cara duduk dengan tenang adalah salah satu cara makan yang sangat bagus untuk kesehatan.

3. Menjaga kebersihan tubuh 

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalaam juga senantiasa memperhatikan kebersihan tubuhnya sehingga kesehatannya pun terjaga dengan baik.

Contoh menjaga kebersihan yang beliau lakukan adalah selalu menyempurnakan wudhunya dan juga terbiasa mencuci tangan dengan benar sampai sela-sela jarinya sehingga bersih optimal.

Kebiasaan mencuci tangan ini menjadikan beliau senantiasa dalam kondisi yang sehat meskipun beliau makan menggunakan tangan.

BACA JUGA:5 Rahasia Gaya Hidup Sehat Ala Ikigai Jepang Dijamin Pasti Bahagia

Selanjutnya, selain menjaga kebersihan tangan, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalaam juga selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikatnya dengan siwak dan berkumur-kumur saat berwudhu.

Penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut ini seperti yang diriwayatkan dalam suatu hadis.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Siwak dapat membersihkan mulut dan mendatangkan keridhaan Rabb’.” (HR. An-Nasa’i no. 5 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih An-Nasa’i).

Dengan begitu menjaga kebersihan mulut dan gigi menjadi penting karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kategori :