353 Jemaah Haji Tiba di Wonosobo, Begini Kondisinya

353 Jemaah Haji Tiba di Wonosobo, Begini Kondisinya

PULANG. Jemaah calon Haji dari Kabupaten Wonosobo tahun 2022 pulang dari Tanah Suci.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)-Pemkab Wonosobo-Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Jemaah Haji dari Kabupaten Wonosobo tahun 2022 pulang dari Tanah Suci setelah menunaikan rukun Islam ke lima. Sebanyak 353 jemaah diterima di Pendopo Kabupaten Wonosobo oleh jajaran forkopimda.

Jemaah haji Kabupaten Wonosobo sendiri berjumlah 353 jemaah, masuk dalam kloter 38 dan 39.  Jemaah gelombang pertama pulang ke Wonosobo dan diterima pukul 15.00 WIB. Sedangkan gelombang kedua kembali ke Wonosobo pada pukul 20.00 WIB.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat didampingi jajaran forkopimda dan juga tokoh agama mengemukakan bahwa seluruh jemaah haji asal wonosobo dalam kondisi sehat, dan telah menjalani pemeriksaan jelang kepulangan di Tanah Suci hingga tiba di Tanah Air.

“Semua sudah diperiksa oleh tenaga kesehatan, semua dalam kondisi sehat dan bisa langsung diterima oleh keluarga di Wonosobo,” katanya.

Menurutnya, kondisi jemaah haji yang sehat dan bisa pulang kembali ke Tanah Air patut di syukuri semua pihak. Salah satunya dengan penyambutan yang  agamis, hangat dan meriah. Sehingga lebih terkesan dan dirasakan oleh keluarga dan masyarakat Wonosobo pada umumnya.

“Kita sambut bersama tamu Allah dengan baik dan lebih meriah, semoga kepulangannya membawa keberkahan untuk masyarakat Wonosobo,”katanya.

Pihaknya berharap jemaah haji yang kembali ke Wonosobo bisa berpartisipasi kembali dalam melakukan kegiatan ekonomi sosial dilandasi dengan semangat yang lebih religius, sehingga tercipta lingkungan yang baik dan kondusif.

“Jemaah haji yang pulang diharapkan akan memberi teladan kepada masyarakat, baik dari kegiatan sosial maupun peribadatan,”harapnya.

Pada tahun mendatang, Afif berharap kuota haji Wonosobo akan bertambah secara signifikan. Apalagi pandemi covid 19 sudah melandai, dan mungkin tahun depan tidak ada lagi. Selain itu pembatasan usai juga tidak perlu diberlakukan.

“Kita berharap tahun depan nanti, ada penambahan kuota, jadi daftar tunggunya tidak terlampau lama. Selain itu tidak perlu ada pembatasan umur, sehingga kesempatan akan lebih luas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo H Ahmad Farid mengatakan, selain di Tanah Suci, pelayanan bagi Jemaah haji juga dilakukan secara maksimal, termasuk layanan kesehatan, sehingga kesehatannya akan selalu terpantau.

Dijelaskan, jemaah haji kloter 38 diberangkatkan dari Tanah Suci pada Rabu, 10 Agustus 2022 pukul 15.45 WIB dan tiba di Bandara Adi Soemarmo Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 08.40 WIB. Selanjutnya, akan diberangkatkan ke Wonosobo pukul 10.40 WIB dan diperkirakan tiba pada 14.40 WIB. Sedangkan, kloter 39 tiba di Pendopo pada 20.00 WIB. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com