Bupati Ajak UMKM di Temanggung untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Bupati Ajak UMKM di Temanggung untuk Meningkatkan Kualitas Produk

JEMUR. Salah satu pelaku UMKM kopi sedang menjemur kopi saat panen raya tiba.(Foto:Setyo wuwuh/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Temanggung M Al Khadziq mengajak kepada semua pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas, baik produk, kemasan, maupun kualitas pada keseluruhannya. Hal tersebut agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga volume penjualannya nanti juga lebih luas.

"Kualitas wajib diperhatikan mulai dari bahan baku, pengemasan hingga cara produksi yang higienis," katanya.

Disampaikan Bupati, UMKM Temanggung, khususnya yang memproduksi makanan olahan dan kerajinan jumlahnya ratusan. Dari ratusan produsen tersebut ada banyak yang produknya sebenarnya sudah berstandar dan diakui di luar Kabupaten Temanggung. Bahkan sampai kota-kota besar dan volume penjualannya juga sudah bagus di kota-kota besar di luar Kabupaten Temanggung.

"Memang seharusnya produk-produk UMKM Temanggung ini berorientasi pasar di luar Kabupaten Temanggung, khususnya di kota-kota besar, dengan daya beli dan populasi yang lebih tinggi. Kalau hanya berorientasi pada pasar lokal di Kabupaten Temanggung tentu dengan daya beli yang terbatas dan juga dengan populasi pasar yang terbatas," terangnya.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono menambahkan, sebelum produk-produk UMKM masuk ke toko modern akan dilakukan proses kurasi, sehingga nantinya akan dilihat juga kesiapan dari UMKM Temanggung dengan memenuhi kualitas, kuantitas dan kontinuitas, dengan tujuan supaya kemitraan antara toko modern dengan UMKM bisa tetap langgeng.

"Beberapa waktu lalu kami sudah melakukan kurasi bersama salah satu toko modern. Berjejaring di Temanggung, semoga saja ke depan semakin banyak produk UMKM yang bisa masuk ke pasar modern," harapnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com