Pawai Peringatan HSN 2022 di Kabupaten Magelang Digelar hingga Tingkat Kecamatan

Pawai Peringatan HSN 2022 di Kabupaten Magelang Digelar hingga Tingkat Kecamatan

HSN. Pawai Ta'aruf dalam memperingati Hari Santri Nasional di Kecamatan Secang. (foto: ist) --Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sampai tingkat kecamatan. Di antaranya dilakukan dengan kirab atau pawai. Hal tersebut diantaranya dilakukan di Kecamatan Secang, Kecamatan Bandongan, Kecamatan Salaman hingga Kecamatan Kaliangkrik, Ahad (23/10/2022).

Di Kecamatan Secang, diperingati dengan Pawai Ta'aruf. Kesempatan ini diikuti 60 lembaga, baik dari Taman Pendidikan Alquran (TPQ) hingga Madrasah Diniyah (Madin). Sebelumnya digelar dengan perlombaan keagamaan.

“Peringatan Hari Santri di Kecamatan Secang diikuti santri-santri TPQ dan Madin, berupa perlombaan-perlombaan dan puncak acaranya adalah Pawai Ta’aruf santri,” kata salah satu panitia HSN di Kecamatan Secang, Kiai Ahmad Musyafa.

Rutenya Patal Secang, Perempatan Secang, Sumber Agung, Karangmalang, Depok Pucang, Candiretno, Lapangan Pancuranmas. Pawai tersebut dilepas oleh Direktur Patal H. Muhammad Misbahul Arifin.

Penyelenggaranya Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI), Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (BADKO LPQ), dan Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah (FKDT).

Dinyatakan, hal itu dilakukan tidak lain untuk memicu agar para santri dan para asatidz (guru) lebih giat dan tidak bosan. Bahkan menarik santri santri dan guru-guru baru, untuk mendalami ilmu agama. Harapannya menjadi generasi yang bisa mewujudkan cita cita para ulama, utamanya berakhlakul karimah yang sarat dengan mental islami.

“Sehingga di kemudian hari bisa masuk di berbagai macam sektor kehidupan, baik pemerintahan maupun swasta ataupun usaha lain, akan selalu berpegang pada ilmu agama,” tandas pengasuh Ponpes Al Huda Antara Payaman ini.

Hari Santri Nasional jatuh pada 22 Oktober. Dalam memperingatinya di tingkat Kabupaten Magelang tahun 2022 digelar upacara di halaman setda Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang, Sabtu (22/10/2022). Upacara tersebut dipimpin langsung Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Pada kesempatan tersebut, Zaenal Arifin mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2022 kepada seluruh santri di Kabupaten Magelang.

"Teriring harapan, seluruh santri di Kabupaten Magelang bisa semakin banyak mengambil peran dan berkontribusi dalam membangun Kabupaten Magelang yang semakin Sedaya Amanah," ucap Zaenal.

Membacakan sambutan Menteri Agama, Zaenal Arifin menyampaikan maksud tema Hari Santri Nasional Tahun 2022 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan' adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. KH. Wahid Hasyim, ayah KH Abdurrahman Wahid, adalah salah satu santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan.

"Dialah, bersama santri-santri, dan tokoh- tokoh agama lainnya turut memperjuangkan kemaslahatan umat agama-agama di Indonesia," katanya.

Pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Santri tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com