37 Atlet Nasional Berpartisipasi dalam Borobudur Marathon 2022

37 Atlet Nasional Berpartisipasi dalam Borobudur Marathon 2022

KONFERENSI PERS. Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dan Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono pada konferensi pers di Magelang, (11/1--Magelangekspres.com

Tak sekadar untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya.

“Penyelenggaraan Borobudur Marathon ini menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya, karena perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” terang Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Supriyatno melanjutkan, ajang Borobudur Marathon akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain, yang akan menambah pendapatan bisnis mereka. Pada gelaran ini, ada pula bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi, yang akan menggerakkan pula perekonomian.

Semangat untuk bangkit itu juga selaras dengan tagline “Stronger to Victory” yang diusung Borobudur Marathon tahun ini. Harian Kompas sebagai penyelenggara merasa tema ini sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai bidang pasca-pandemi.

“Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan, kali ini peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak bersama-sama membawa energi positif untuk menjadi lebih kuat dan menyongsong kemenangan dalam arti luas,” jelas Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo.

Rangkaian kemeriahan Borobudur Marathon didesain agar dapat dinikmati semua kalangan, baik pelari maupun nonpelari, warga lokal maupun pengunjung.

Untuk itu, sejumlah agenda penyerta dirancang untuk memeriahkan perhelatan ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo, dan bazar buku. Pasar Harmoni adalah bazar kriya dan kuliner dari UMKM Magelang yang tergabung dalam kelompok Pawone.

Sejak 2019 Harian Kompas menggagas inisiatif Pawone. Anggota Pawone diseleksi, lalu diberikan pendampingan. Produk-produk mereka di Borobudur Marathon, yang menjadi etalase kecil akan kekayaan budaya lokal.

Sejumlah 22 UMKM lokal dari kelompok Pawone berpartisipasi dalam Borobudur Marathon2022, terdiri atas 13 pelaku usaha kuliner dan 9 pelaku usaha kriya.

Pasar Harmoni digelar pada Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November 2022 dan Race Expo yang dilangsungkan di Ballroom Grand Artos Hotel & Convention pada 11–12 November. Race Expo sendiri adalah ekshibisi untuk umum yang menjadi ucapan selamat datang untuk para pelari sekaligus etalase budaya Jawa Tengah.

Ada tunnel khusus yang menampilkan secara visual rekam jejak para pelari elite di Borobudur Marathon 2017 hingga 2021.

Para peserta Bank Jateng Tilik Candi juga mengambil perlengkapan lombanya (racepack) pada Race Expo. Selainitu, tentu saja, pengunjung bisa menikmati parade budaya dan ragam hiburan lain di sini. Inisiatif-inisiatif tersebut dirangkum Kompas lewat narasi #MenjadiLebihGayeng.

Dalam bahasa Jawa, gayeng berarti rasa penuh semangat, kegembiraan, keberanian, dan keseruan.

Sejumlah acara lain juga dilaksanakan serangkaian dengan Borobudur Marathon 2022, di antaranya Kumpul Komunitas, bazar buku murah dengan potongan harga hingga 50 persen di Bentara Budaya Yogyakarta pada 11–14 November 2022, dan Kompas Lounge di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta pada 11–13 November 2022. Ikuti beragam kemeriahan Borobudur Marathon 2022. (cha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com