Pemkab Segera Cairkan BLT BBM Terdampak Inflasi

Pemkab Segera Cairkan BLT BBM Terdampak Inflasi

SOSIALISASI. Pemerintah Kabupaten Purworejo saat menyampaikan sosialisasi penyelenggaraan bantuan sosial BLT BBM terdampak inflasi. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengadakan Sosialisasi Penyelenggaraan Bantuan Sosial BLT BBM Terdampak Inflasi.

Sosialisasi diadakan di Aula Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Adi Yuswo Purworejo, kemarin. Bansos akan diberikan kepada ojek, UMKM dan nelayan.

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, dalam sambutannya menyampaikan, pandemi Covid-19 telah berdampak pada kehidupan masyarakat Indonesia termasuk di Kabupaten Purworejo. Apalagi disusul dengan naiknya bahan bakar minyak terutama BBM bersubsidi.

“Dampak dari kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga BBM saat ini tentu sangat berpengaruh, karena dengan semakin meningkatnya laju inflasi maka semakin berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi dan menambah tingkat kemiskinan,” tandasnya.

Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Purworejo mengeluarkan kebijakan untuk menjaga laju inflasi sekaligus meringankan beban masyarakat dalam bentuk bantuan sosial. Bansos harus disalurkan secepat mungkin, tepat sasaran serta tidak terjadi tumpang tindih.

Wabup berharap, bantuan dapat terlaksana tepat sasaran untuk masyarakat yang lebih membutuhkan, termasuk untuk tukang ojek, UMKM, dan nelayan. Bantuan diprioritaskan bagi yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Saya berpesan kepada dinas dan pengurus penyalur bantuan, untuk lebih berhati-hati dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Antara lain dengan data terbaru, yang sudah jelas nama, alamat penerima dan besarannya, berdasarkan usulan dari calon penerima atau atas usulan kepala perangkat daerah,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Achmad Jaenudin SIP MM menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi penyaluran bansos kepada ojek, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan nelayan di Kabupaten Purworejo yang terdampak inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com