Kawal Reformasi Birokrasi, Memantapkan Kesadaran dan Tanggung Jawab

Kawal Reformasi Birokrasi, Memantapkan Kesadaran dan Tanggung Jawab

KORPRI. Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat pimpin upacara HUT KORPRI di halaman pendopo kabupaten kemarin.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.ID- KORPRI sebagai organisasi yang berorientasi pada tugas, pelayanan dan selalu senantiasa berpegang teguh pada profesionalisme, selama ini telah bergerak bersama komponen lainnya dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Wonosobo.

“Seluruh jajaran KORPRI untuk mengedepankan tiga peran utamanya, yaitu pertama  melaksanakan tugas dan kewajiban kehidupan bernegara sesuai amanat konstitusi serta semua peraturan hukum yang berlaku. Kedua, selalu memberikan pelayanan prima dan terbaik kepada seluruh masyarakat. Ketiga, memberikan dukungan pada pelaksanaan tugas pemerintahan yang dilakukan, baik dari tingkat pusat maupun daerah,” ungkap Bupat Wonosobo Afif Nurhidayat saat pimpin upacara HUT KORPRI di halaman pendopo kabupaten kemarin.

Menurutnya, KORPRI sebagai salah satu bagian vital dalam penyelenggaraan pembangunan baik sebagai perencana, fasilitator, mediator sekaligus sebagai pelaku pembangunan. Untuk itu, sesuai dengan Tema Peringatan HUT Ke-51 Tahun 2022 yaitu “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri”, pihaknya meminta ada pemantapan kesadaran dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas kedinasan, untuk mendukung Reformasi Birokrasi yang telah dan sedang bergulir.

Pelayanan prima merupakan salah satu prasyarat keberhasilan Reformasi Birokrasi, untuk itu pihaknya mengajak seluruh jajaran KORPRI, menata kelembagaan pelayanan publik, menyederhanakan prosedur pelayanan, serta menerapkan standar pelayanan minimal, sehingga prosedur birokrasi yang semula panjang dan berbelit, serta membuka peluang terjadi praktik korupsi dan kolusi dapat kita kurangi.

“Satu hal yang perlu saya tekankan di sini, untuk mendukung keberhasilan Reformasi Birokrasi tersebut, maka KORPRI harus mampu meningkatkan kapabilitas sumber daya manusianya dalam mencetak birokrasi yang mampu menjadi teladan, peka, dan responsif terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, serta terbangunnya mental birokrasi sebagai pelayan-bukan dilayani,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Wonosobo, One Andang Wardoyo mengemukakan, jajaran KORPRI Kabupaten Wonosobo untuk terus melakukan evaluasi, sehingga tidak hanya mampu memajukan dan mensejahterakan anggota akan tetapi seluruh masyarakat, Bangsa serta Negara.

“Sejalan dengan Reformasi Birokrasi, saya berharap KORPRI Kabupaten Wonosobo untuk mampu menjadi motor penggerak utama dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang profesional, transparan, dan akuntabel, sehingga pelayanan publik, program pembangunan serta tugas-tugas pemerintahan di Kabupaten Wonosobo dapat berjalan dengan baik,” pintanya.

Menurutnya, sekarang saatnya KORPRI untuk menunjukkan kontribusinya, bukan sekadar ungkapan tetapi bukti nyata dalam memberikan sumbangsih pada perubahan pelayanan yang terbaik bagi bangsa dan negara, didasarkan pada kondisi riil saat ini tentunya, di mana bangsa Indonesia dihadapkan pada persaingan global yang sangat menentukan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

“Namun tidak berhenti di situ saja, ke depan, program kegiatan yang telah dilaksanakan KORPRI, untuk lebih ditingkatkan serta diintensifkan, bukan hanya dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, akan tetapi lebih dari itu, mampu berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wonosobo,” pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com