Siap-siap! Tahun 2023 Polres Magelang Kota Punya Kantor Baru

Siap-siap! Tahun 2023 Polres Magelang Kota Punya Kantor Baru

DIPA. Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang saat memaparkan penerimaan DIPA tahun 2023 di hadapan Forkompimda, tokoh masyarakat, LSM, hingga jurnalis, Jumat, 2 Desember 2022.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Polres Magelang Kota bakal memiliki kantor yang baru. Pembangunan dijadwalkan dimulai awal tahun 2023 mendatang.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan, pembangunan kantor baru nantinya akan ditempatkan di bagian belakang kantor saat ini.

“Sebab bangunan yang sekarang (berada di lokasi depan) merupakan bangunan cagar budaya (BCB), sehingga kami tidak boleh mengganti atau mengubahnya. Hanya bisa merevitalisasi saja,” kata Yolanda saat membuka Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polres Magelang Kota tahun 2023, Jumat, 2 Desember 2022.

Pembangunan gedung di area belakang bekas Asrama Mosvia itu pendanaan sepenuhnya ditangani Mabes Polri. Bahkan, di dalam DIPA Polres Magelang Kota tahun 2023 tidak tercatat nomlekatur pembangunan gedung baru.

“Yang membangun nanti bukan Polres, tapi Mabes. Bahkan di DIPA pun tidak ada kenaikan signifikan jumlahnya,” ucapnya.

Terkait rencana pembangunan gedung baru tersebut, maka ke depan, gedung bekas Mosvia tidak terpakai optimal lagi oleh pihak kepolisian. Karena itu, Yolanda berharap agar Pemkot Magelang mendukung revitalisasi BCB Mosvia sebagai sarana publik.

“Harapan kami Pemkot Magelang bisa memberi bantuan supaya mengalokasikan dana BCB sehingga bangunan Mosvia tetap bisa dimanfaatkan, tidak hanya untuk kepentingan polisi tapi juga untuk kegiatan-kegiatan Pemkot Magelang, dan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Yolanda menyebutkan bahwa penerimaan DIPA tahun 2023 Polres Magelang Kota sebesar Rp58.081.158.000 atau naik Rp3 miliar dari DIPA tahun 2022 sebesar Rp55.071.787.000.

Menurut dia, sebagian besar anggaran itu dialokasikan untuk belanja pegawai. Sedangkan belanja barang tercatat sebesar Rp14 miliar atau hanya 26 persen dari total anggaran.“Sebanyak Rp43.179.351.000 pada DIPA 2023 dialokasikan untuk belanja pegawai, maka rencana pembangunan gedung ini tidak masuk dalam DIPA,” paparnya.

Turut hadir dalam paparan DIPA Polres Magelang Kota tahun 2023 antara lain Wakil Walikota Magelang, M Mansyur, pejabat Forum
Pimpinan Daerah Kota Magelang, Anggota DPRD, tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dan sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang.

Sementara itu, Wakil Walikota Magelang, M Mansyur mengatakan, penyerahan DIPA ini merupakan tahap akhir proses perencanaan dan tahap awal pelaksanaan. Fungsinya sebagai dokumen dasar pelaksanaan kerja dan pencairan dana.”Penyerahan DIPA lebih awal wujud komitmen untuk memastikan pelaksanaan anggaran tepat waktu dan segera eksekusi rencana-rencananya,” ujarnya.

Dia menilai, naiknya DIPA Polres Magelang Kota tahun 2023 ini terbilang wajar. Itu karena tuntutan zaman sekarang pun semakin tinggi, tetutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban Kota Magelang.“Kalau tuntutannya meningkat, otomatis kebutuhan juga naik. Saya pikir realistis. Di kondisi seperti ini, anggota Polri dituntut makin profesional dalam bertugas. Juga dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi (TI), sehingga Kota Magelang tetap kondusif,” paparnya.

Dia juga mengimbau, terkait maraknya kasus kriminalitas seperti narkoba dan pencurian. Terlebih di era transisi pandemi Covid-19 menuju endemi sehingga diharapkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.“Peran serta masyarakat untuk mengantisipasi masalah ini sangat diperlukan. Masyarakat harus semakin waspada dan proaktif menjaga kondusivitas daerah,” pungkasnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com