Ciptakan Auto e-City Dishub Kota Magelang Juara Pertama Krenova OPD 2022

Ciptakan Auto e-City Dishub Kota Magelang Juara Pertama Krenova OPD 2022

JUARA. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyerahkan hadiah kepada juara Krenova OPD dan BUMD, dimulai dari Kepala Dishub Candra Wijatmiko, Kepala Disperpusip Arif Barata Sakti, dan Kepala SMP N 2 Magelang, Fatin Mahdalina, kemarin.(foto : wiwid arif--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Terobosan inovatif yang diciptakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang berupa Auto E-City yakni alat pendeteksi kendaraan emergency yang terintegrasi dengan sistem alat penanda isyarat lalu lintas (APILL), berhasil menjadi juara pertama lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Magelang tahun 2022.

Alat canggih yang sudah beroperasi di Jalan Pemuda, simpang Pasar Rejowinangun Kota Magelang itu berfungsi untuk mendeteksi kendaraan ambulans dan pemadam kebakaran. Ketika ada kendaraan darurat melintas, maka lampu APILL otomatis akan menyala hijau.

Teknologi mutakhir yang ditemukan oleh Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi tersebut berhasil menarik perhatian dewan juri lomba Krenova OPD dan BUMD tahun 2022. Auto E-City mampu mengalahkan 25 Krenova lain dari berbagai OPD di Kota Magelang.

Candra mengaku bersyukur temuannya ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Magelang. Apalagi inovasi yang diklaim menjadi satu-satunya di Indonesia ini, sekarang sudah mendapatkan hak paten.

Ia pun bercerita, ide ini tercetus karena dirinya yang merasa prihatin banyak kecelakaan yang melibatkan kendaraan emergency seperti ambulans dan damkar.

Candra menjelaskan, Auto e-City ini merupakan aplikasi berbasis Intelligent Transportation System (ITS). Alat ini terdiri dari kamera dan modul. Di dalam kamera terdapat sensor yang akan menangkap sinyal lampu merah berkedip.
"Strobo lampu berwarna merah hanya dimiliki ambulans, damkar, dan rescue. Sesuai dengan namanya, Auto e-City ini diprioritaskan untuk kondisi emergency,” kata Candra.

Teknisnya, kata Candra, sensor akan membaca lampu strobo tersebut dari jarak 120 meter. Setelah terbaca, sensor kemudian mengirim sinyal ke modul sekitar 5 detik dan memerintahkan secara otomatis warna hijau APILL di jalur yang dilalui kendaraan darurat tersebut.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan bahwa Pemkot Magelang perlu menaruh perhatian besar terhadap kreativitas dan inovasi yang dilakukan OPD maupun BUMD. Sebab dengan inovasi dan kreasi, diharapkan mampu mengefisiensi segala kompleksitas pelayanan kepada masyarakat."OPD maupun BUMD harus terus didorong untuk membuat inovasi untuk mempermudah pelayanan masyarakat. Intinya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Kota Magelang," katanya di sela penyerahan penghargaan ajang Magelang Innovation Award (MIA) tahun 2022 di Hotel Atria, Magelang, Senin, 5 Desember 2022.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu menjelaskan, MIA 2022 diawali dengan kompetisi inovasi OPD dan BUMD yang diselenggarakan untuk mendorong Pemerintah Daerah dan BUMD  melakukan kreativitas dan inovasi. Jika berhasil, maka kreasi dan inovasi yang diterapkan itu mampu mengatasi permasalahan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat, lebih mudah, lebih murah, dan lebih tepat sasaran."Panitia menerima usulan inovasi sebanyak 41 usulan dari OPD dan BUMD. Adapun  yang lolos seleksi  administrasi yaitu sebanyak 25 usulan Inovasi dengan rincian 23 dari OPD  dan 2 dari BUMD," terang Handini.

Selanjutnya pada tahap paparan dan wawancara terhadap 25 peserta yang lulus administrasi pada 14 November 2022, dengan Tim Penilai terdiri dari Kemendagri, akademisi, dan perwakilan media massa dari Magelang Ekspres. Dilanjutkan dengan tahap verifikasi dan observasi lapangan pada 15 November 2022.

"Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri terhadap tahapan yang telah dilakukan, diperoleh 6 OPD yang mempunyai nilai tertinggi, yang selanjutnya menerima penghargaan berupa hadiah dan uang pembinaan pada acara MIA 2022 ini," papar Handini.

Selain Auto E-City Dinas Perhubungan sebagai juara pertama, juara kedua diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) berupa I- Magelang. Kemudian aplikasi berbasis android yakni GPS Berkarakter milik SMP Negeri 2 Magelang keluar sebagai juara ketiga.

Selanjutnya, aplikasi Simasbagia hasil karya DPMP4KB berhak atas juara harapan satu. Disusul, Cek Bansos milik Dinas Sosial sebagai juara harapan dua dan Dakwah dari Dinas Kesehatan keluar sebagai juara harapan tiga.

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba roket terkendali tingkat SMP se-Kota Magelang yang telah dilaksanakan pada 29 September 2022 di Stadion Moch Soebroto Magelang. Para pemenang adalah SMP Muhammadiyah Alternatif 1 - Tim 2 (juara 1), SMPN 8 - Tim 2 (juara 2) dan SMPN 3 - Tim 2 (juara 3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com