Jalur Wisata Mangli Magelang Sempit, 1 Mobil Nyungsep ke Jurang

Jalur Wisata Mangli Magelang Sempit, 1 Mobil Nyungsep ke Jurang

TERPEROSOK. Satu unit mobil terperosok di jalur wisata Mangli, Desa Balerejo, Kecamatan Kaliangkrik, Senin, 20 Desember 2022.(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Hati-hati jika melintas di jalur sempit. Apalagi jalur itu ramai dilalui kendaraan. Salah satunya jalur wisata menuju Desa Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Senin, 20 Desember 2022 pagi, satu unit mobil MPV terjun ke jurang usai berwisata.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, proses evakuasi satu unit mobil itu membutuhkan waktu yang relatif lama.

Mobil nyungsep ke jurang dengan kedalaman 20 meter. Beruntung, posisi mobil tertahan pohon, sehingga tidak sampai terperosok ke dasar jurang. Meski demikian, proses evakuasi harus menggunakan kendaraan derek.

Mobil yang ditumpangi 4 orang itu mepet ke arah kiri jalan, karena berpapasan dengan mobil lainnya. Di jalur wisata Desa Mangli, memang terkenal dengan kapasitas jalan yang tidak layak. Lebar jalan tak lebih dari 4 meter.

"Sebenarnya sudah diusulkan sejak lama supaya ada pelebaran. Tapi tidak disetujui," kata Budi, salah satu warga Desa Balerejo, Kecamatan Kaliangkrik.

Salah seorang wisatawa, Arif menuturkan, alam Kaliangkrik memang sangat eksotis. Namun, untuk melalui jalur tersebut dibutuhkan keahlian dan keterampilan khusus, terutama bagi para pengemudi roda empat.

Pasalnya, jalur tersebut masih sangat sempit, dan terbatas. Bahkan, untuk berpapasan saja, salah satu kendaraan mesti mengalah dan berhenti.

"Terutama kalau ada truk dari bawah naik tanjakan, posisinya bawa beban berat, kendaraan yang dari atas harus mengalah. Kalau tidak ngalah, truk tidak bisa lewat, bisa mundur kan bahaya," ucapnya.

Selain sempit, jalur tersebut juga rawan longsor. Warga berharap, jalur wisata alam Desa Mangli dan sekitarnya segera dilebarkan.

"Harapan kami segera dilebarkan, supaya kejadian ini tidak terulang," tutur Totok, warga Desa Mangli, Kaliangkrik. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com