Setiap Perbuatan Baik adalah Sedekah, Jangan Diabaikan!

Setiap Perbuatan Baik adalah Sedekah, Jangan Diabaikan!

--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID-Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta umatnya untuk memperbanyak sedekah. Mengingat pentingnya sedekah sebagai salah satu amal sholeh maka beliau meminta umatnya untuk bersedekah setiap hari.

Sedekah tidak hanya terbatas dengan menyumbangkan harta benda yang kita miliki. Bila kita memiliki harta kekayaan lebih maka beliau memerintahkan untuk menyegerakan sedekah. Bagi yang tidak mempunyai harta benda lebih maka bisa melakukan amalan-amalan yang berpahala sedekah.

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: « كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ » رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Setiap perbuatan yang baik adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari, no. 6021).

Hadits di atas menunjukan Al-Makruf adalah setiap perbuatan yang orang-orang memandangnya sebagai perbuatan baik, atau syariat melihatnya sebagai perbuatan baik. Jika dalam masalah ibadah maka harus dengan pandangan syariat, tetapi jika dalam masalah muamalah antara sesama makhluk maka yang dipandang baik oleh manusia yang fitrahnya masih selamat. Setiap yang dipandang baik oleh masyarakat yang akalnya selamat dan fitrahnya lurus adalah kebaikan, seperti bersikap baik kepada sesama dengan akhlak yang mulia, memberi harta, kedudukan dan pekerjaan atau yang lainnya. Berwajah ceria ketika bertemu dengan saudaranya, tidak menampakan muka yang cemberut, bertutur kata lembut, memberi motivasi, mengunjungi orang yang sakit dan mengucapkan kata-kata yang baik lagi menghibur, semua ini dihitung sebagai sedekah.

Hadits tersebut juga berisi motivasi untuk selalu berbuat baik dengan berbagai macam jenisnya dalam setiap keadaan dan kondisi. Apa yang dilakukan seorang muslim dari amalan kebaikan dan kebajikan akan berbuah pahala dan balasan dari Allah Ta’ala. Pelajaran berharga bagi setiap muslim untuk bisa memanfaatkan pintu-pintu sedekah dan pintu-pintu kebaikan yang banyak itu.

Jika dia bisa memasuki banyak pintu-pintu kebaikan tersebut, maka itulah yang terbaik. Namun jika dia tidak bisa masuk ke seluruh pintu-pintu kebaikan yang disediakan Allah Ta’ala, maka hendaknya dia masuk ke pintu kebaikan yang paling baik dan yang dimudahkan Allah Ta’ala baginya.(*)

Sumber : https://bimbinganislam.com/fawaid-hadist-107-setiap-kebaikan-adalah-sedekah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com