Tidak Cukup dengan Sedekah Jumat, Inilah Amal Sholeh Lain yang Dianjurkan Rasulullah

Tidak Cukup dengan Sedekah Jumat, Inilah Amal Sholeh Lain yang Dianjurkan Rasulullah

Tidak Cukup dengan Sedekah Jumat, Inilah Amal Sholeh Lain yang Dianjurkan Rasulullah--

MAGELANG EKSPRES-Hari Jumat merupakan hari yang paling afdhal dari semua hari dalam sepekan. Hari yang penuh barakah.

Banyak hadits yang menjelaskan keutamaan dan kemuliaan hari Jumat. Ini menunjukkan keistimewaan hari Jumat yang tidak dimiliki hari-hari lainnya.

Sedekah Jumat saat ini menjadi amalan yang banyak dikerjakan umat Muslim. Banyak masjid yang menyediakan Sedekah makanan bagi jamaah shalat Jumat.

BACA JUGA:Mandi Jumat, Amalan Ringan Pahalanya Besar

Tak hanya itu, ada sejumlah rumah makan atau warung yang secara khusus menggratiskan makanan pada hari Jumat. Atau ada juga yang memberikan potongan harga pada hari Jumat.

Ini menunjukkan bahwa kesadaran umat Muslim untuk bersedekah sudah cukup baik.

Sedekah termasuk amal kebaikan yang dianjurkan oleh Shalallahu 'alaihi wa sallam. Namun tak ada dalil khusus yang menganjurkan sedekah di hari Jumat.

Yang perlu dipahami sedekah termasuk amal kebaikan yang bisa dilakukan kapan pun, tidak hanya pada hari Jumat. Namun kalau sedekah hari Jumat InsyaAllah pahalanya dilipatgandakan karena dilakukan pada hari yang barakah.

Dalam beberapa hadis, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan untuk memperbanyak amal-amal sholeh di hari Jumat. Tidak ada dalil khusus yang menganjurkan sedekah di hari Jumat.

BACA JUGA:SHALAT JUMAT : Datang Paling Awal, Pahalanya Seperti Berkurban dengan Seekor Unta

Maka hendaklah kita tidak hanya mencukupkan dengan sedekah di hari Jumat saja. Tapi berusaha mengerjakan amal-amal sholeh lain yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam.

Diantara amal sholeh yang dianjurkan oleh Rasulullah dikerjakan pada hari Jumat adalah :

1. Memperbanyak bershalawat pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: