Catat! Malam Tahun Baru Kawasan Alun-alun Magelang Steril Kendaraan

Catat! Malam Tahun Baru Kawasan Alun-alun Magelang Steril Kendaraan

STERIL. Kawasan Alun-alun Kota Magelang akan steril dari kendaraan pada saat malam pergantian tahun, 31 Desember 2022 mulai pukul 17.00 WIB.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kawasan Alun-alun Kota Magelang akan ditutup secara bertahap saat car free night (CFN) pada malam Tahun Baru, Sabtu, 31 Desember 2022. Penutupan jalan akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, mengatakan, polisi akan memberlakukan Car Free Night di pusat kota untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas selama malam pergantian tahun.

Beberapa jalan yang ditutup antara lain sebagian Jalan A Yani, Alun-alun Timur, Jalan Alun-alun Selatan, Jalan Alun-alun Barat, dan Jalan Alun-alun Utara. Sebelumnya petugas juga akan standby untuk mengalihkan arus kendaraan.

"Mulai kita tutup jam 17.00, tapi totalnya nanti menyesuaikan dengan kondisi di lapangan," kata Yolanda dalam keterangannya, Kamis, 29 Desember 2022.

Untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat pada malam tahun baru nanti, telah disiapkan fasilitas berupa posko pengamanan (Pospam). Di Alun-alun, Pospam Nataru didirikan di depan Gardena Swalayan.

"Sejumlah tempat wisata juga akan diprediksi mengalami lonjakan pengunjung. Polisi lalu lintas telah menyiapkan pos pengaturan dan penjagaan di sekitarnya," tandasnya.

Untuk pengalihan arus, kendaraan yang hendak melaju ke Jalan Pemuda dari arah Jalan Veteran akan dialihkan menuju Jalan Majapahit. Kemudian dari arah Jalan Tentara Pelajar akan dialihkan menuju Jalan Mayjen Sutoyo. Lalu, kendaraan dari arah Jalan A Yani juga akan dialihkan menuju Jalan Majapahit.

Tidak hanya itu, kepolisian bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Magelang juga sudah menyiapkan kantong-kantong parkir. Beberapa kantong parkir itu berada di depan Kantor PDAM, samping Kantor PLN, Gedung BPLK, dan Jalan Mayjen Sutoyo.

Yolanda menuturkan, kepolisian merasa perlu memberlakukan rekayasa lalu lintas meskipun tidak ada acara pesta tahun baru di Alun-alun pada saat malam pergantian tahun nanti.

"Tetapi Alun-alun menjadi pusat keramaian yang prediksinya akan tetap menarik perhatian masyarakat untuk berada di sana," ucapnya.

Di Kota Magelang sendiri, berdasarkan informasi yang didapat, baru ada dua titik yang rencananya akan menggelar pesta malam tahun baru. Satu titik dipusatkan di Artos Mall Magelang dan kawasan Gelora Sanden, Magelang Utara. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com