Lapak Kita Media Promosi yang Pas untuk UMKM Temanggung

Lapak Kita Media Promosi yang Pas untuk UMKM Temanggung

LAPAK KITA. Kegiatan Lapak Kita Perdana di tahun 2023 yang digelar di halaman depan BCA Temanggung pada Jumat, 6 Januari 2023 pagi.(foto : huni wejang/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - PemkabTemanggung kembali menggelar kegiatan Lapak Kreativitas Inovatif dan Tangguh (Lapak Kita). Ajang pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) se-Kabupaten Temanggung ini menjadi yang pertama kalinya di awal tahun 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di Halaman BCA Temanggung, Jumat, 6 Januari 2023 itu diikuti 35 pelaku UMKM dari berbagai organisasi seperti Wanita UMKM, binaan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Pastakaran, lapak Disabilitas, dan UMKM binaan DPD RI Dapil Jateng yang digelar rutin setiap Jumat di minggu pertama di setiap bulannya.

Anggota DPD RI Provinsi Jawa Tengah, Denty Eka Widi Pratiwi mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka memfasilitasi para pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung. Sekaligus menjadi ajang untuk promosi produk dan evaluasi para pelaku UMKM itu sendiri.

"Lapak Kita ini merupakan kegiatan dalam rangka memfasilitasi teman-teman UMKM se-Kabupaten Temanggung, yang diikuti oleh 35 pelapak setiap bulannya untuk bisa memperkenalkan dan mempromosikan produknya. Kemudian juga untuk mengevaluasi diri, karena yang namanya UMKM itu kan kita juga harus mempelajari pangsa pasar," ujar Denty.

Denty menambahkan, dalam setiap kegiatannya Lapak Kita mengusung konsep yang berbeda-beda. Dengan demikian, kemampuan para pelaku UMKM pun akan cepat terasah karena pengunjungnya berbeda-beda dari berbagai kalangan.

"Kebetulan kami di sini konsepnya setiap kali lapak berbeda-beda, dan ini juga sambil mengasah kemampuan para UMKM untuk bisa membaca pangsa pasar yang ada. Kadang kami mengadakan event ini dengan berbagai macam lomba yang bisa diikuti semua kalangan masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Denty mengaku juga turut menggelar lomba joget Tiktok. Pesertanya berasal dari 20 kecamatan se-Kabupaten Temanggung.

"Lomba ini diharapkan dapat meramaikan pelapak dengan segmen yang berbeda," tambahnya.

Kegiatan yang diadakan setiap Jumat pertama di setiap bulan ini bertujuan untuk memotivasi para pelaku UMKM agar lebih kreatif, inovatif, dan juga dapat membaca peluang pasar dalam hal pengembangan usaha.

"UMKM itu nantinya juga dituntut untuk kemandirian, bagaimana dia berkreasi, berinovasi supaya tetap bisa bertahan dan bisa mengembangkan usahanya, itu yang kita harapkan. Disini kami juga bisa dampingi dan mengukur sejauh mana mereka bisa tumbuh kembang termasuk kami kontrol omsetnya berapa," ujar istri wakil Bupati Temanggung tersebut.

Saat ditanya mengenai rencana di tahun 2023, Denty menyebut, di tahun 2023 ini berusaha untuk terus konsisten meskipun kegiatan Lapak Kita hanya digelar satu bulan sekali.

"Rencana, kami berusaha untuk konsisten dengan konsep yang sama sambil bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung karena kami juga akan menyasar masyarakat luas, jadi tidak hanya masyarakat Temanggung saja," papar dia.

Sementara itu, pelapak dari perwakilan Kecamatan Bulu, Ninik (53) mengaku mendukung sepenuhnya kegiatan Lapak Kita. Sebab, menurut dia, kegiatan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk menggeliatkan perekonomian.

"Kegiatan ini tentunya bagus karena bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk bisa menggiatkan perekonomiannya dan saya berharap kegiatan ini bisa lebih maju lagi dan lebih mengait yang lain-lainnya, tidak terikat begitu," kata Ninik. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com