Sedekah Shubuh, Malaikat akan Mendoakan Kebaikan

Sedekah Shubuh,  Malaikat akan Mendoakan Kebaikan

Ilustrasi sedekah--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bersedekah termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam Alquran, Allah Ta'ala menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah dan Rasulullah juga selalu mengingatkan dan memotivasi tentang keutamaan sedekah yang bagi umatnya pada setiap kesempatan.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebut sedekah sebagai burhan (bukti). Karena sedekah merupakan bukti iman seseorang terhadap adanya hari kiamat. Namun, dalil-dalil tentang sedekah berisi motivasi untuk bersedekah, itu pun sifatnya umum, artinya tidak menyebutkan waktu khusus untuk bersedekah.

1. Dalil Sedekah Secara Umum

Dalam hadis dari Abu Malik al-Asyari radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

وَالصَّلاَةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ

Shalat adalah cahaya, sedekah itu burhan, dan sabar itu sinar. (HR. Muslim 556 & Ahmad 22902)

2. Bagaimana dengan Sedekah Shubuh

Tidak ada satupun dalil dalam Alquran maupun hadist yang menyebutkan tentang sedekah subuh. Lalu apakah ada anjuran untuk bersedekah di waktu subuh?

3. Dalil tentang Doa Malaikat di Pagi Hari

Ada hadis shahih dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada 2 malaikat yang turun, yang satu berdoa: Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq. Sementara yang satunya berdoa, Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir. (HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383).

Hadist di atas tidak menunjukkan anjuran untuk mengkhususkan sedekah di waktu subuh. Hadist tersebut hanya menyebutkan bahwa ada 2 malaikat yang berdoa di waktu pagi, bagi orang yang bersedekah di hari itu. Sehingga tidak hanya berlaku bagi orang yang sedekah di waktu subuh.

4. Dalil tentang Doa Malaikat saat Matahari Terbenam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres