Kata Ulama, Sedekah di Hari Jumat Lebih Mulia Dibanding Hari Lain

Kata Ulama, Sedekah di Hari Jumat Lebih Mulia Dibanding Hari Lain

Kata Ulama, Sedekah di Hari Jumat Lebih Mulia Dibanding Hari Lain--

MAGELANG EKSPRES-Ada ulama termasuk  dai atau ustadz yang menganjurkan untuk bersedekah di hari Jumat. Bahkan bersedekah di hari Jumat seperti sudah menjadi tradisi. Semakin banyak umat Muslim yang melakukan sedekah di hari Jumat dibanding hari-hari lainya.

Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah ada keutamaan khusus sedekah hari Jumat?

Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com) menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah menjumpai dalil khusus yang menganjurkan sedekah di hari Jumat.

BACA JUGA:Perbanyak Doa di Hari Jumat, Doanya Mustajab

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama, dan jawaban beliau dikaitkan dengan sifat dan kondisi orang yang bersedekah.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Ya Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal?"

Jawab Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Sedekah yang engkau berikan ketika engkau masih muda, pelit harta, bertumpuk angan-angan untuk hidup mewah, dan takut bangkrut. (HR. Ahmad 7407, Nasai 2554, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

"Betapa sulitnya orang bersedekah di saat dia sedang mengejar kariernya, harapannya, obsesinya, dan cita-citanya. Mungkin dia butuh perang batin untuk bisa mengeluarkan Rp 20 ribu. Karena itulah, nilainya lebih afdhal dari pada yang lainnya," jelas Ustadz Amni.

BACA JUGA:Ingin Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat? Perbanyak Shalawat di Hari Jumat!

Hanya saja, kata Ustadz Ammi, ada beberapa keterangan ulama yang menganjurkan sedekah di hari Jumat, mengingat keutamaan hari Jumat itu.

Kaidah umum terkait tingkatan keutamaan amal, bahwa amal yang dikerjakan di waktu mulia, memiliki nilai keutamaan yang lebih besar, dibandingkan amal yang dikerjakan di waktu kurang mulia.

Berikut beberapa keterangan ulama tentang keutamaan sedekah hari Jumat :

Pertama, keterangan as-Syarbini – ulama Syafiiyah – (w. 977 H)

Dalam kitabnya al-Iqna fi Halli Alfadz Abi Syuja’, beliau menjelaskan tentang hari Jumat. Kata beliau, dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal sholeh di hari Jumat atau malam Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres