Nashif Damaira Priyono Terpilih Jadi Ketua OSIS SMPN 1 Magelang

Nashif Damaira Priyono Terpilih Jadi Ketua OSIS SMPN 1 Magelang

PEMILOS. Kepala Sekolah SMPN 1 Magelang, Budi Wahyono memberikan sambutan sebelum acara pemilihan dimulai, Kamis 25 Januari 2023.(foto : Heni/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, magelangekspres.disway.id - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Magelang melaksanakan reorganisasi atau pengorganisasian ulang pengurus. Ada 6 kandidat calon ketua OSIS.

Reorganisasi OSIS SMPN 1 Magelang terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati.
Dimulai dari pengambilan dan pengumpulan formulir, tes tertulis, tes baris-berbaris, tes proposal, dan tes wawancara, terhitung mulai tanggal 24 November 2022 hingga Januari 2023.

Setelah terpilih 6 kandidat calon ketua OSIS kemudian dilangsungkan pemilihan umum calon ketua OSIS atau Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos), Jumat 26 Januari 2023 lalu.
Kegiatan Pemilos merupakan salah satu program tahunan di SMPN 1 Magelang. Kegiatan Pemilos tahun 2023 diadakan secara offline, tepatnya di aula sekolah setempat.

Adanya kegiatan ini bertujuan untuk memilih kandidat calon ketua OSIS terbaik yang nantinya akan bertugas menjadi ketua OSIS periode 2022/2023.

Kegiatan Pemilos juga sebagai bentuk implementasi demokrasi di lingkungan sekolah. Para siswa diajarkan bagaimana menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa calon ketua OSIS yang terbaik.

Hal ini dapat dijadikan sebagai pelajaran, pedoman, dan pengalaman bagi siswa untuk mengikuti tahapan Pemilu di kemudian hari.

Tidak hanya siswa, seluruh warga sekolah berkesempatan untuk menggunakan hak pilihnya, yaitu meliputi guru, staff dan karyawan.

Kegiatan Pemilos diawali dengan pengucapan sumpah dan janji oleh seluruh panitia pemungutan suara dan dipandu oleh Ketua Pemungutan Suara, yaitu Syahdina Arfitri Prazulka, Ketua Osis periode 2021/2022.

Isi dari sumpah dan janji ini adalah pernyataan bahwasannya para panitia tidak akan melakukan pelanggaran maupun sabotase suara.

Setelah pengucapan sumpah dan janji kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sambutan oleh Kepala SMPN Magelang Budi Wahyono S.Pd. Tepat pukul 08.00 WIB kegiatan PEMILOS dimulai.

Kegiatan ini diawali dengan memanggil siswa setiap kelas secara bergantian agar tidak mengganggu jam pelajaran.

Para siswa yang sudah berada di aula kemudian akan dijelaskan tata cara mencoblos yang benar sebelum akhirnya benar-benar mempraktikkannya secara langsung.
“Selama kegiatan peserta tidak boleh membawa gawai maupun alat tulis," tegas Syahdina.
Lalu, setelah semua warga sekolah dipastikan telah mencoblos, selanjutnya diadakan proses perhitungan suara.

Perhitungan suara dilakukan secara terbuka di aula SMPN 1 Magelang. Pada proses perhitungan suara dihadiri oleh para saksi yang merupakan perwakilan setiap angkatan. Siswa dan guru juga turut menyaksikan kegiatan perhitungan suara ini.

Hasil PEMILOS tahun 2023 menyatakan bahwa Nashif Damaira Priyono terpilih sebagai Ketua OSIS periode 2022/2023 setelah memperoleh suara sebanyal 172.
Dilanjutkan oleh Adinda Aulia Mumtaz sebagai wakil ketua OSIS periode 2022/2023 dengan perolehan sebanyak 159 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com