Jeda PTS, Siswa SMPN 1 Magelang Ikuti Visit Factory dan Sosial Activity

Jeda PTS, Siswa SMPN 1 Magelang Ikuti Visit Factory dan Sosial Activity

HASIL KUNJUNGAN. Outdoor Learning Activity (Visit Factory) yang dilakukan kelas 9 SMPN 1 Magelang.(foto : Heni/magelang ekspres)-SMPN 1 Magelang-Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pihak kesiswaan bersama Forum Komunikasi Orang Tua (FKOT) SMPN 1 Magelang mengadakan kegiatan Outdoor Learning Activity (Visit Factory) untuk kelas 9 dan Sosial Activity untuk kelas 8.

Kegiatan yang di luar sekolah tersebut bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi siswa kelas 9 dan untuk berbagi kepada sesama bagi kelas 8. Kegiatan tersebut di lepas Kepala Sekolah Budi Wahyono, Senin 12 September 2022 lalu.

"Kegiatan kunjungan ke bidang usaha dan baksos dilakukan dari tanggal 12-17. Anak-anak selama berkunjung juga berkewajiban untuk mencatat dan membuat laporan untuk selanjutnya dipresentasikan di kelas masing-masing,"jelas Budi saat ditemui Rabu 14 September 2022.

Kegiatan Outdoor Learning Activity (Visit Factory) dan Sosial Activity sudah dilaksanakan SMPN 1 Magelang sejak tahun 2008 lalu. Namun, selama pandemi Covid 19 kegiatan tidak diadakan lagi.

"Kegiatan kali ini adalahnyang perdana sejak pandemi. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak menjadi semangat untuk meningkatkan jiwa wirausahannya dan berbagi untuk sesama," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga melibatkan orang tua wali yang tergabung dalam FKOT. Untuk rekomendasintempat yang akan dikunjungi para siswa di serahkan kepada orang tua.

"Tempat, akomodasi dan transportasi kami serahkan kepada orang tua. Sementara guru kelas pun ikut mendampingi juga,"tuturnya.
Farhan, Waka Kesiswaan SMPN 1 Magelang, mengungkapkan para siswa berkunjung ketempat usaha seperti pembuatan abon, kaos, batik, kain tenun dan lainnya.

Sementara untuk kegiatan sosial anak-anak berkunjung ke museum, ke panti asuhan, sekolah luar biasa dan tempat sosial lainnya.

"Selama berkunjung ke tempat-tempat sosial anak-anak juga menyerahkan bantua yang sudah dikumpulkan anak-anak sebelumnya,"ujarnya.

Farhan mengaku ada yang menarik saat berkunjung ke tempat usaha yaitu pembuatan kaos. Di sana anak-anak praktek kemudian sablon dan kaos tersebut pun sepakat digunakan sebagai kaos kelas.

"Anak-anak sangat puas apalagi bisa buat kaos dan digunakan sebagai kaos kelas. Kami harap pengalaman ini dapat digunakan nanti saat para siswa sudah lulus dari SMPN 1 Magelang nantinya," tambahnya. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com