Bangun SDM Kompetitif, Pemkot Magelang Konsisten Gelar Lomba Krenova Selama 20 Tahun

Bangun SDM Kompetitif, Pemkot Magelang Konsisten Gelar Lomba Krenova Selama 20 Tahun

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz memberikan support dan motivasi kepada para peserta Krenova-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Kota Magelang masih konsisten menjaring kreasi dan inovasi (Krenova) lewat lomba bagi masyarakat umum sejak tahun 2004 hingga saat ini atau sudah 20 tahun lamanya.

Tahun ini, hadiah hingga Rp25 juta disiapkan Pemkot Magelang dalam rangka menjaring kreasi dan inovasi (Krenova) untuk kalangan umum. Tak ayal dengan peningkatan hadiah, peserta Krenova tahun 2024 ini pun melonjak hingga 50 persen dari peserta tahun 2023 lalu.

Kepala Bidang Riset dan Inovasi, Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Magelang, Didin Saepudin mengatakan, pihaknya menerima 59 karya sepanjang krenova tahun 2024 ini.

BACA JUGA:Ciptakan Auto e-City Dishub Kota Magelang Juara Pertama Krenova OPD 2022

Dari jumlah tersebut, setelah diseleksi, terdapat 49 karya yang dinyatakan lolos seleksi.

“Dibanding tahun 2023, ada peningkatan 50 persen, karena tahun lalu ada 30 peserta," kata Didin, Rabu, 8 Mei 2024.

Krenova masyarakat tahun 2024 menjadi agenda rutin Bidang Riset dan Inovasi, dan setiap tahunnya selalu menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi bidang-bidang yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Dukung Inovasi dalam Kolaborasi UMKM, Pemkot Magelang Kukuhkan UMKM Brayat Magelang

Pada tahun ini, kata Didin, pihaknya memetakan 6 bidang fokus krenova antara lain pertanian dan pangan, energi teknologi dan rekayasa manufaktur, kesehatan, pendidikan, teknologi informasi, dan industri kreatif.

"Proses penjurian sudah dilakukan tanggal 6-7 Mei kemarin, yang dihadiri 32 peserta," ucapnya.

Didin menyebutkan, inventor atau penemu kreasi ini pemenangnya akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp24,5 juta. Hadiah ini diberikan untuk pemenang kategori A sebesar Rp7,5 juta, kategori B Rp5 juta, dan kategori C sebesar Rp3 juta.

“Kategori A dimaksudkan adalah penemuan yang unik, orisinal, dan banyak manfaatnya. Sedangkan kategori B memuat pengembangan penting dan metode penemuan yang sudah ada," paparnya.

BACA JUGA:KEREN! SiJeLita Inovasi Disperpusip Kota Magelang Mudahkan Pendataan Perpustakaan Binaan

Sementara untuk kategori C, lanjut Didin, yakni karya usulan pengembangan temuan sebelumnya dan memiliki asas kebermanfaatan yang sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres