Peringatan HPN 2023 di Wonosobo, Perkuat Sinergi dengan Media

Peringatan HPN 2023 di Wonosobo, Perkuat Sinergi dengan Media

HPN. Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Wonosobo (KJW), memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Kamis (9/2), dengan menggelar acara tasyakuran dan doa bersama dengan Bupati Afif Nurhidayat dan jajaran Forkopimda setempat.(foto :--

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Peran media saat ini semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta, terutama di tengah keganasan post truth. Media harus menyajikan dan menghadirkan informasi yang terverifikasi serta menjadi pilar demokrasi keempat.

“Wartawan harus didekati bukan untuk ditakuti, sebab wartawanlah yang memotret, menyuarakan, dan mewartakan semua kegiatan pemerintah, dengan saling bersinergi dan berkolaborasi,” ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam arahannya saat sarasehan Hari Pers Nasional, Kamis (9/2/2023) di Pendopo Utara.

Acara juga dihadiri Wabup M Albar, Kapolres AKBP Eko Novan PP, SIK MSi, Dandim 0707 Letkol Inf Rahmat, SE MSi, Kajari Efendri Eka, Kepala PN Estafana Purwanto, Ketua PA Abdul Kholik, Kepala Kanim Ari Widodo, Kepala Diskominfo Fahmi Hidayat dan Kabag Prokompim Setda Satriyatmo.

Kemudian Dirut PT Perkebunan Tambi Suwito, Dirtek Perumda Air Minum Tirta Aji Suparno dan Dirak Nur Aziz, pimpinan Bawon, Bank Jateng, Kantor ATR/BPN dan perwakilan PT Tirta Investama dan PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng.

Menurut Bupati, kritik adalah bagian dari check and balance, pemerintah terus terbuka terhadap kritikan yang konstruktif. Jajaran BUMD dan swasta juga harus libatkan wartawan, sebagai bentuk kolaborasi dalam memberikan berita kepada masyarakat.

“Beritakan semua aktifitas Forkopimda Wonosobo sehingga bisa diketahui dan lebih dekat dengan masyarakat, tingkatkan kualitas berita bukan hanya kuantitas saja,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, media sebagai arus utama harus mampu menjaga dan mempertahankan misi untuk mencari kebenaran atau searching the truth dan membangun optimisme.

Senada, Ketua Panitia Peringatan HPN 2023 Kabupaten Wonosobo, Agus Supriyadi mengharapkan, sinergitas yang telah terbangun akan semakin kuat, tanpa menghilangkan peran dalam menjaga ruhnya, dengan tetap menjadi kontrol sosial.

Pemkab Wonosobo sejauh ini punya sepasang sayap yang cukup efektif. Yaitu, Diskominfo yang mengurus segala bentuk komunikasi publik dan Prokompim berkaitan aktivitas pimpinan. Di 2023 ini memasuki tahun politik, media tetap berpegang teguh pada idealisme, objektif, dan tidak tergelincir dalam polarisasi.

“Di tengah suasana seperti sekarang ini insan pers justru dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi atau clearing house of information,” pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres